Breaking News

6/recent/ticker-posts

Ciptakan Lingkungan Sehat, Pemuda Darek Adakan Penanaman 1000 Bibit Pohon | Suara Bumigora

Praya, suarabumigora.com - Sebagai wujud dukungan terhadap kelestarian lingkungan sekitar, berbagai elemen pemuda Desa Darek, Kecamatan Praya Barat Daya, Lombok Tengah akan menggelar penghijauan dengan menanam 1.000 bibit pohon di desa setempat. 

Kegiatan penanaman 1.000 bibit pohon direncanakan berlangsung pada hari Sabtu, 8 Februari 2020 mendatang dengan titik pusat penanaman di area Ponpes Darul Hikmah. Selanjutnya, rute penanaman akan dilakukan di sepanjang jalan menuju dusun Mentokan dan sepanjang jalan menuju area pekuburan umum Panji. 

"Kita sepakati penanaman pohon berlangsung hari Sabtu," kata Ketua Ikatan Alumni Darul Hikmah (IKADHA) Darsono Yusin Sali pada rapat pembentukan panitia, pada Senin (3/2/2020). 

Kegiatan penanaman 1.000 bibit pohon akan dilakukan para pemuda Desa Darek dari berbagai elemen seperti IKADHA, Ikatan Pemuda Desa Darek (IPD), Remaja Darul Hikmah Islamic Pesantren (RDHIP) dan lain sebagainya.

"Terdapat berbagai jenis bibit pohon yang akan ditanam. Diantaranya pohon Mahoni, Matoa, Nangka, Kemiri, dan Gaharu," tambahnya. 

Dikatakan pula bahwa penanaman pohon bertujuan agar lingkungan sekitar jadi sehat, terlebih saat ini polusi udara tidak bisa dihindari dikarenakan banyaknya gas karbon monoksida yang terbuang dari kendaraan bermotor.

Pohon berfungsi menghasilkan oksigen yang membantu kelancaran pernafasan pada manusia. Selain menghasilkan oksigen untuk membantu manusia bernafas, manfaat dari pohon juga membantu menyerap zat karbon monoksida atau lebih tepatnya asap kendaraan bermotor.

Menurut data dari peneliti Indonesia Palm Oil Association, untuk menyerap zat CO (karbon monoksida) dibutuhkan 96 batang pohon yang bisa dihasilkan oleh satu orang dalam kurun waktu satu tahun. Melihat kondisi demikian, penanaman 1000 pohon ini menjadi sangat penting dilakukan. 

Dalam rapat yang dipimpin Muhammad Gazali dan dihadiri puluhan pemuda itu, terpilih Mizan Hikami sebagai ketua panitia dan Zamripal sebagai sekretaris panitia, Saiful Bahri (Elo) sebagai Koordinator Divisi Perlengkapan, Zar'ah Efani Koordinator Divisi Acara. (lws)

Posting Komentar

0 Komentar