Breaking News

6/recent/ticker-posts

71 Inovasi Pemda KLU Berbuah Inagara Award 2022 | Suara Bumigora

Bupati Lombok Utara Djohan Sjamsu (ke-dua dari kiri) menerima penghargaan Inagara Award dari Plt. Menpan-RB Mahfud MD (ke-tiga dari kiri)


Lombok Utara, suarabumigora.com - Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU) menerima penghargaan Inagara Award Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI dalam acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 LAN. Penghargaan itu diterima langsung oleh Bupati Lombok Utara Djohan Sjamsu, bertempat di Aula Agus Dwiyanto LAN-RI (9/8/2022).Penghargaan ini sebagai keberhasilan kegiatan pengembangan inovasi daerah yang dilaksanakan oleh Pemda KLU pasca Launching Laboratorium Inovasi Pemerintah Daerah pada periode Tahun 2021 dan 2022.


Kepala LAN RI Adi Suryanto menyampaikan, dengan semakin kompetitifnya kemajuan teknologi serta tantangan global megatren, kemudian datang lagi pandem telah mengajarkan semua pihak untuk siap beradaptasi dengan perubahan-perubahan atau tantangan-tantangan.


Mendorong inovasi-inovasi muncul dan berkembang di birokrasi, LAN memiliki program dengan laboratorium inovasi. Sekitar 215 daerah kabupaten/kota yang sudah  menjalin MoU untuk mengembangkan inovasi-inovasi daerah.


"Alhamdulillah tembus 30.000-an, ini punya arti yang strategis membantu Kemenpan-RB untuk terus-menerus mengembangkan inovasi pelayanan publik," tuturnya.


Sementara itu Plt. Menpan-RB Mahfud MD, menyampaikan ucapan selamat ulang tahun yang ke-65 kepada LAN. Menurnya, LAN telah melalui proses yang panjang sejak dibentuk pada 6 Agustus 1957. LAN mendapat amanat untuk menyelenggarakan dan mengawasi pendidikan dan pelatihan Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). 


"Harapannya adalah agar PNS itu menjadi tenaga administrasi negara yang mempunyai kepribadian dan kecakapan," terang Mahfud. 


Penganugerahan Inagara Award dalam rangka HUT LAN RI ke-65


LAN juga berperan didalam memajukan Ilmu Administrasi Negara di Indonesia sehingga tugas fungsi dan kewenangan LAN telah dipertegas di dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.


Selain Kabupaten Lombok Utara terdapat  10 pemerintah daerah dari 11  pemerintah daerah nominator, dinyatakan dapat menerima Inagara Award Tahun 2022, yaitu Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Pemerintah Kabupaten Pemalang,Pemerintah Kabupaten Sorong, Pemerintah Kabupaten Subang, Pemerintah Kabupaten Tegal, dan Pemerintah Kabupaten Tojo Una-una, serta Pemerintah Kota Tegal.


Bupati Lombok Utara Djohan Sjamsu, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada LAN yang telah memberikan penghargaan dan mendampingi OPD di lingkup KLU dalam pengembangan inovasi. Ia berharap segala ikhtiar yang dilakukan dapat meningkatkan daya saing Kabupaten Lombok Utara. 


Menurutnya, inovasi merupakan upaya menghadirkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan cara-cara baru. Ia memaparkan sebagai contoh, Pelayanan Arsip Keliling.


"Mungkin di suatu tempat, pelayanan kearsipan hanya bisa dilakukan di kantor arsip, namun yang terlihat dari ide inovasi adalah dengan turun ke lapangan dan membangun kesadaran serta literasi terhadap kearsipan," jelasnya. 


Ucapan terima kasih, juga disampaikan Bupati Djohan  kepada segenap OPD lingkup KLU yang telah menerapkn  71 ide-ide inovasi tersebut sebagai bentuk peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan dalam rangka mengingkatkan daya saing daerah.


"Kami meyakini, bahwa dengan adanya inovasi-inovasi ini nantinya akan dapat membawa perubahan serta menjadi pemicu semangat agar daerah kita keluar dari kategori daerah tertinggal," tegas Djohan. (sat)

Posting Komentar

0 Komentar