Breaking News

6/recent/ticker-posts

Pertegas Aspirasi ATOS, Bupati KLU surati TNGR | Suara Bumigora


Bupati Lombok Utara, H. Najmul Akhyar
Lombok Utara, Suara Bumigora - Keluh kesah masyarakat yang tergabung dalam Asosiasi Tour Operation Senaru (ATOS) yang telah lama absen dari rutinitas ekonominya (tour guide pendakian gunung Rinjani) ditanggapi sigap oleh Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar. 

Terkait tuntutan mereka (ATOS-red) untuk membuka jalur pendakian Senaru, Najmul langsung bersurat (nomor surat :556/163/BUP/2019, tertanggal 5 April 2019) kepada Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), sebagai bentuk ketegasan Pemda KLU agar TNGR segera mengambil tindakan terkait hal tersebut. 

Surat tanggapan Bupati KLU, kepada TNGR, terkait aspirasi ATOS, untuk pembukaan jalur pendakian Rinjani, pintu Senaru. 
Najmul menyatakan, Pemda KLU langsung bertindak ketika pertama mendengar aspirasi ATOS, "sejak hari pertama kami mendengar usulan mereka, saya langsung meminta kepada kawan-kawan di Humas, untuk kembali bersurat kepada TNGR"  ungkapnya (10/4/2019). 

Menurutnya itu adalah bentuk ketegasan dan dukungan dari Pemda KLU agar TNGR segera membuka jalur pendakian Senaru, "kami bahkan ikut mengusulkan agar jalur senaru segera dibuka, supaya masyarakat dan wisatawan dapat kembali menikmati wisata gunung Rinjani" tambahnya. 

Najmul mengemukakan, menurut sebagian besar masyarakat, jalur pendakian Senaru sudah aman dan bisa dilalui, kendati demikian untuk urusan keamanan tetap menjadi otoritas TNGR, "pendapat masyarakat menyatakan bahwa jalur Senaru sudah bisa dibuka, namun perkara keamanan tetap menjadi wewenang TNGR", tambahnya. 

Ia juga meyebutkan, pembukaan jalur pendakian tersebut penting untuk disegerakan, karena meninjau dari berbagai aspek terutama aspek ekonomi, sangat berdampak besar bagi masyarakat. Pasalnya ratusan warga KLU hidup mencari nafkah dengan menjadi tour guide pendakian Rinjani. "ini perlu dilihat dari berbagai aspek, terutama aspek ekonomi, ratusan bahkan, masyarakat berprofesi sebagai tour guide untuk pendakian Rinjan" tutup Najmul. (sat) 

Posting Komentar

0 Komentar