Breaking News

6/recent/ticker-posts

Mimpi Literasi, dan Fakta Miring Birokrasi | Suara Bumigora

Infografis, Kronologi peristiwa pengusiran, hingga terselesaikannya masalah tersebut. 

Mataram, Suara Bumigora - Indonesia, telah masuk dalam daftar Negara yang memiliki minat baca terendah, menurut hasil Assesment PISA 2015, Indonesia berada pada urutan ke 62 dari 71 negara, yang memiliki minat baca, mulai dari yang paling tinggi hingga yang paling rendah. 

Khususnya NTB, Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip NTB, H. Manggaukang Raba, NTB meraih peringkat ke 31 dari 34 Provinsi di Indonesia, (sumber: suarantb.com). 

Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk meningkatkan minta baca tersebut, pada skala pemerintah pusat bahkan APBN dianggarkan untuk pembelian buku untuk masing-masing perpustakaan di desa. 

Fakta miring kemudian muncul, Komunitas BIAP (Buku Ini Aku Pinjam) yang sudah menggelar lapak buku gratis sebagai upaya peningkatan minat baca dan literasi masyarakat, malah mendapat perlakuan yang kurang menarik dari Satgas Pertamanan, Dinas Pertamanan Kota Mataram. 

Mereka diusir dari Taman Sangkareang (5/4/2019) oleh satgas tersrbut, lantaran dianggap tidak sesuai dengan peraturan Walikota (Perwal) dan tidak mengantongi izin. 

Meski masalah tersrbut sudah terselesaikan, dengan adanya mediasi antara pihak Dinas Pertamanan Kota Mataram, dengan Komunitas BIAP, dan Aliansi Jurnalis Independent (AJI), namun ada hal yang kurang berkesan dari peristiwa tersebut. 

Data kronologi kejadian pengusiran hingga terselesaikannya masalah tersebut dapat ditinjau dari infografis di atas. (sat) 

Posting Komentar

0 Komentar