Breaking News

6/recent/ticker-posts

Perjalanan 32 Tahun Media Unram, Lahirkan Tokoh-tokoh Jurnalis Besar di NTB


"Iya adalah iya, dan tidak adalah tidak, karena ragu-ragu adalah penghianat"


Gunungsari, Lombok Barat, Suara Bumigora- Pekikan kalimat di atas sudah pasti terngiang di hati dan benak siapa pun yang pernah mentasbihkan diri menjadi anggota unit kegiatan pers mahasiswa (UKPKM) Media Universitas Mataram (Unram). Selama 32 tahun berkiprah dalam dunia pers kampus, Media Unram banyak melahirkan tokoh jurnalis besar di Nusa Tenggara Barat (NTB). 


UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang lahir 24 Februari 1987 ini, telah intens menerbitkan produk-produk jurnalistik, tak terhitung sudah jumlah informasi yang telah diterbitkannya dimulai dari buletin mingguan, koran bulanan, majalah tahunan, berita online harian dan bahkan buku kumpulan opini dan cerpen. "hingga saat ini Media masih menjadi sentral poin kegiatan pers kampus di NTB" ungkap Supardi, Alumni Media Unram angkatan XV yang kini merupakan Pendiri Bale Ade (komunitas Literasi Besar di Lombok Barat). 
Salah satu potret anggota media tahun 1997/1998 (Alumni) 
Meza, Pemimpin Umum Media Unram saat ini, juga menyatakan, keberadaan alumni Media Unram mendominasi dunia Pers NTB, nama-nama seperti Rudi Hidayat (Pemimpin Lombok Post TV), Suriansyah (Program manager di Metro TV), Abdullatif Apriaman (mantan Ketua AJI), Toni Edi Wibowo (mantan Pemred Radar Lombok), Kusmayadi (Jurnalis Senior Lombok Post), Ismail Zakaria (Jurnalis Kompas) dan masih banyak yang belum ia sebutkan, "bukan hanya di dunia jurnalistik, alumni media menyebar di berbagai sektor di NTB, mulai dari akademisi pengusaha, NGO, hingga birokrasi"  tambahnya. 

Anggota media saat ini
Tersebutkan pula nama-nama seperti Najmul Akhyar  dan Syarifuddin (Pasangan Bupati dan Wakil Bupati KLU), AKBP Hurry Nugroho (Kepala BNN Sumbawa Barat), Rosyadi Sayuti (Sekda NTB), Ervyn Kaffah (Ketua Fitra NTB), Adhar Hakim (Ketua Ombudsman NTB), Hendriadi (Ketua Komisi Informasi NTB), Ahmad Sirulhaq (Pendiri Literasi NTB), Adi Purmanto (Ketua Bawaslu KLU), Sukri Aruman (Mantan Ketua KPID NTB), merupakan alumni Media Unram. Hingga kini para alumni media pun masih tetap intens berkomunikasi dan berprogram, "para alumni kami terhubung di suatu wadah yg disebut Media Connention" jelasnya. 


Lembaga Pers Kampus ini, hingga saat ini masih eksis dalam menyuarakan aspirasi mahasiswa khususnya mahasiswa Unram, meski diterpa dengan berbagai permasalahan dengan birokrasi Unram, tak menyurutkan perjuangan Media Unram, terbukti dengan terbitnya buletin Media pada awal tahun ini dan pada sabtu (9/3/2019) Media Unram merayakan hari jadinya yang ke 32, bertempat di Bale Ade, Medas, Gunungsari. 

Perayaan hari jadi Media Unram ke 32, bertempat di Bale Ade, Medas Gunungsari.
Selama kiprahnya di dunia jurnalistik Media Unram pun kerap kali menyabet penghargaan bergengsi tingkat daerah maupun nasional, "Pada tahun 2010 di Bali, kami menyabet penghargaan terbaik kategori terbitan koran mahasiswa dan menempati urutan ke tiga dalam kategori liputan investigasi terbaik, selain itu masih banyak lagi penghargaan yang diraih Media" pungkas Meza. (Sat) 

Posting Komentar

0 Komentar