Breaking News

6/recent/ticker-posts

BMH Salurkan bantuan untuk korban banjir di Jawa Timur | Suara Bumigora

Jawa Timur, Suara Bumigora - Hujan deras yang mengguyur wilayah Jawa Timur menyebabkan banjir di beberapa kabupaten Provinsi Jawa Timur, sejak Rabu (06/03/2019).


Banjir akibat intensitas hujan tinggi, sehingga menyebabkan sejumlah air sungai meluap. Baitul Maal Hidayatullah (BMH) terus mengawal korban terdampak banjir di beberapa kabupaten di Jawa Timur.

Total ada 3 wilayah, 3 posko utama sudah didirikan laznas tersebut sejak hari pertama kejadian.

Tim BMH Ahmad Wandoyo, mengatakan posko ini menjadi tempat untuk menampung seluruh bantuan kemanusiaan yang dikirimkan dari berbagai tempat.

“Posko ada di Desa Wonoayu, Pilang Kenceng, Madiun, satu posko ada di Desa Waruk, Kecamatan Pangkur, Ngawi dan satunya lagi berada di Pesantren Hidayatullah Ngawi,”ungkapnya, Jumat (08/03/2019).

Wandoyo menambahkan, Posko Utama laznas tersebut berada di Desa Wonoayu, lokasi ini dipilih untuk mendekatkan dengan titik-titik pengungsian yang ada di sekitar posko.

Bantuan dari masyarakat, ungkap Wandoyo, dapat disalurkan melalui laznas tersebut dengan mengirimkan logistik ke posko mereka yang sudah ada atau bisa juga melalui kantor laznas tersebut yang ada di seluruh Indonesia.

Hingga saat ini keperluan mendesak pengungsi berupa obat-obatan, makanan siap santap, pakaian baru, selimut serta air minum.

Sejak Rabu (06/03/2019), Tim telah mendistribusikan bantuan tahap pertama kepada korban banjir di Madiun dan Ngawi, yaitu berupa makanan dan minuman.

Selain itu laznas tersebut juga mendirikan dapur umum di Desa Waruk untuk menyuplai kebutuhan warga. Bantuan diserahkan di daerah Desa Wonoayu, Kecamatan Pilang Kenceng, Kabupaten Madiun dan di Desa Waruk, Kecamatan Pangkur, Ngawi.

Hingga saat ini para relawan terus membantu mengevakuasi beberapa warga untuk mengungsi ke daerah yang lebih aman.

Data sementara yang dihimpun dari BPBD Provinsi Jawa Timur, banjir menyebabkan lebih dari 12.495 KK terdampak. Sebagian masyarakat mengungsi ke tempat yang lebih aman.

15 Kabupaten yang mengalami banjir adalah Kabupaten Madiun, Nganjuk, Ngawi, Magetan, Sidoarjo, Kediri, Bojonegoro, Tuban, Probolinggo, Gresik, Pacitan, Tranggalek, Ponorogo, Lamongan, dan Blitar.

Daerah yang paling parah terlanda banjir adalah Kabupaten Madiun. Tim BMH terus mengerahkan bantuan bagi seluruh korban banjir di beberapa daerah di Jawa Timur.

Untuk masyarakat yang ingin membantu korban banjir, bisa melalui nomer center BMH:  081907903821 (sup)

Posting Komentar

0 Komentar