Breaking News

6/recent/ticker-posts

Meriahkan HKN, Puskesmas Gangga Berikan Layanan Kesehatan dan Selenggarakan Berbagai Lomba | Suara Bumigora

Lomba Lari Karung

Lombok Utara, suarabumigora.com - Bertempat di halaman depan kantor Camat Gangga, Jumat (11/11/2022) Puskesmas Gangga memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya keseluruhan kader posyandu desa-desa se-Kecamatan Gangga. Bekerja sama dengan pihak Kecamatan Gangga, Puskesmas gangga juga menggelar lomba-lomba ringan ala hari Kemerdekaan. Hal tersebut dilakukan Puskesmas Gangga dalam tajuk memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tahun 2022.


Kepala Puskesmas Gangga Sabri, saat ditemui menyatakan, memberikan pemeriksaan kesehatan sekaligus pengobatan gratis bagi masyarakat pada peringatan HKN tersebut. Menurutnya, pemeriksaan yang dilakukan merupakan deteksi dini terhadap penyakit tidak menular (PTM). 


"Kami memeriksa terutama untuk PTM ini, karena PTM ini pembunuh yang cukup berbahaya, seperti hipertensi, jantung kroner dan lainnya," ujar Sabri. 


Pemeriksaan kesehatan

Ia mengungkapkan, jika ada masyarakat yang terindikasi berpotensi menderita PTM, pihaknya akan melakukan pendataan, pengamatan, hingga tindakan medis. 


"Kalau ada yang terindikasi, kita akan melakukan pendataan, dan hingga tindakan medis. Kita pantau secara rutin, sampai dia benar-benar dikatakan bersih atau sembuh," terang Sabri. 


Terkait HKN, Sejatinya di Lombok Utara sudah dilaksanakan peringatannya beberapa hari lebih awal pada skala kabupaten. Namun, justru Puskesmas Gangga memperingati kembali pada Jumat (11/11/2022) lantaran ingin tetap membangun komunikasi dan hubungan sosial yang baik dengan masyarakat Gangga. 


Senam bersama

Beberapa rangkaian dilakukan sejak Jumat pagi itu, mulai dari senam bersama, lomba lari karung, lomba tarik tambang dan berbagai lomba-lomba yang bersifat olahraga. 


"Kami melakukan senam bersama hingga berbagai lomba, kami langsung bagikan hadiahnya juga di sana," tambah Sabri. 


Sementara itu, Kepala Desa Bentek Warna Wijaya, yang juga ikut memeriahkan kegiatan peringatan HKN tersebut mengaku antusias, pasalnya ia bersama para Kader Posyandu Desa Bentek merasa hal ini merupakan kegiatan baik yang dapat membangun hubungan erat antara pihak desa dengan  puskesmas. 


Pembagian hadiah lomba

"Ini hal baik, ini bagus menjaga silaturahmi, mempersolid kekompakan, dan tentu saja meningkatkan kesehatan kita, kader-kader kami juga banyak yang jadi juara lomba," ujar Warna bersemangat. 


Ia mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Puskesmas Gangga bersama pihak Kecamatan Gangga ini. 


"InsyaAllah kalau sudah bahagia dan ceria, tentu kita sehat," tutupnya. (sat)

Posting Komentar

0 Komentar