Breaking News

6/recent/ticker-posts

Vibe Center Indonesia Gelar Youth Trash Agent of Change, Cara Melibatkan Kaum Milenial Peduli Sampah | Suara Bumigora


Mataram, suarabumigora.com -  Sebagai daerah tujuan  wisata dunia, Vibe Center Indonesia melihat program strategis NTB Zero Waste menjadi target penting daerah di 2023 mendatang. Layaknya sinergis juga dengan program strategis nasional, Indonesia zero waste 2025. Jika menengok potret nasional terakhir menurut data KLHK tahun 2019, Indonesia mengalami angka darurat sampah di angka 67,8 juta ton per tahun. 57% adalah sampah organik, 15% kertas dan 15% plastik.


CEO Vibe Center Indonesia, Martina Susanti menyebutkan bahwa Indonesia juga menjadi Negara terbesar kedua sebagai penyumbang sampah plastik setelah Cina. Sedangkan menurut data BPS tahun 2015 hanya 7% yang dapat dikelola limbahnya dari seluruh jenis sampah. Lalu bagaimana dengan potret sampah di NTB khususnya di kaki Gunung Rinjani?


"Berdasarkan data BTNGR th 2020 total sampah rinjani sejak 2017 hingga 2020 telah mencapai 23,6 ton dengan rincian jalur pendakian Aik Berik 47,6 Kg sampah di tahun 2020; Timbanuh, 3,63 Kg di tahun 2020; Sembalun 592,2 Kg di tahun 2020; dan Senaru 1, 756 ton  di tahun 2019," ungkapnya pada Sabtu (15/10).


Menjawab persoalan sampah, NTB sendiri sudah punya banyak komunitas yang bersama  sama melakukan gerakan inovasi mendorong program NTB zero waste 2023. Sejak Januari 2021, pengelolaan sampah di NTB meningkat 40% karena NTB di tahun 2021 juga telah menjadi rumah bagi 371 bank sampah komunitas di seluruh pelosok NTB. 


Melihat dinamika inovasi gerakan pengelolaan sampah di NTB, kata Martina VIBE Center Indonesia bersama DLHK & DIKBUD NTB, Geopark Rinjani, Bank Sampah Mandiri NTB, Forum Youth Trash Agent of Change, Nusantara Mural, Sebuah Kado, Jati Swaramahardika, Pelvist, Ary Juliant and Folk didukung oleh STAPALA PKN STAN Jakarta, menggagas Kerja Kolaborasi Youth Trash Agent of Change.  


Melahirkan kawan setia generasi Youth Trash Agent of Change Youth Trash Agent of Change ini adalah sebuah moment kilas balik bagaimana Bangsa yang besar ini mengelola sampah juga termasuk bagaimana anak-anak dan pemuda baik dilibatkan ataupun terlibat langsung dalam gerakan reformasi sampah. Sudah saatnya mindset tentang sampah dibongkar sampai ke akarnya namun dijawab secara apik, segar, dan visioner.


Youth Trash Agent of Change Ini dihajatkan kedepan akan digelar secara rutin tahunan di Pulau Lombok dan menjadi gelinding bola yang terus membesar keterlibatan multipihaknya dan kebermanfaatannya ke daerah di luar Pulau Lombok dan NTB.


Trash Festival & Art Exhibition

Dengan bangga apresiasi atas kerja  kerja dan proses belajar inovatif siapapun. Mengingat kerja VIBE Center Indonesia dekat dan akrab dengan pendekatan Appreciative Inquiry. Pada TFAE ini fokus pada pemberian award kepada para pahlawan sampah muda yang berinovasi dalam karya seni, baik dalam bentuk seni rupa, fotografi, musik dan video.  


Adapun Art Exhibition kali ini agak berbeda dari Art Exhibition lainnya. Dengan nuansa alam, sampah, dan gerakan perubahan panitia mengambil tema A Tale of Nature and Trash. Tale yang kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti kisah atau cerita, yang jika dijabarkan sebuah tuturan membentang tentang bagaimana terjadinya suatu peristiwa. Jika kita bicara tentang kisah, maka akan beragam macam kisah yang terjadi didalam kehidupan manusia dan atas dasar itulah pameran seni rupa A tale of Nature and Trash dilaksanakan. Pameran seni rupa ini adalah sebuah perhelatan yang ingin mengajak kita semua bisa memaknai kisah-kisah, dan perpaduan harmonis antara alam dan sampah yang tak terpisahkan. 


"Paradigma yang ingin disampaikan, kami ingin mengajak para perupa Indonesia untuk berkontribusi, menyampaikan pesan dan mengambil bagian dalam gerakan peduli lingkungan melalui goresan karya. Terutama melihat sampah sebagai sebuah inspirasi dari karya seni dua atau tiga dimensi yang nantinya akan bisa dinikmati dan diapresiasi oleh khalayak pengunjung," pungkasnya. (lws)


Posting Komentar

0 Komentar