Breaking News

6/recent/ticker-posts

Sukseskan Moto GP 2022, RSUD KLU Support Ambulans ke Sirkuit Mandalika | Suara Bumigora

Ambulans RSUD KLU yang bertugas di ring satu sirkuit Mandalika (Ambulan putih plat nomor DR 9040 GU/ kiri)

Lombok Utara, suarabumigora.com - Tahapan ajang balapan motor internasional Grand Prix Moto (Moto GP) kini sudah memasuki sesi tes pramusim, pada 11 hingga 13 Februari 2022 yang akan dilaksanakan di Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika). Selanjutnya, race (balapan) seri Mandalika akan dilakukan pada 18 sampai 20 Maret 2022 sesuai yang telah dijadwalkam Dorna Sport. 


Dengan segala ketegangan dan resiko balapan, tentu saja keberadaan tim medis beserta kelengkapannya menjadi kebutuhan primer di Mandalika. Mendukung perhelatan Sport Tourism (wisata olahraga) akbar tersebut, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Lombok Utara (KLU) tak tinggal diam. RSUD KLU telah men-support kegiatan tes pramusim Moto GP 2022 dengan menempatkan satu unit mobil ambulans lengkap beserta sopirnya, guna memenuhi kebutuhan perangkat medis di Mandalika. 


"Kita tempatkan satu unit ambulan dengan peralatan lengkap beserta sopirnya di sana," jelas Direktur RSUD KLU dr. I Made Suasa, Kamis (10/2/2022). 


Sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Nusa Tenggara Barat (NTB) tentang Holding Rumah Sakit, dan surat dari Direktur RSUP NTB kepada Direktur RSUD KLU pada 28 Desember 2021 lalu, terkait permohonan peminjaman mobil ambulans, maka RSUD KLU mendukung suksesnya perhelatan Moto GP dengan memberikan pinjaman mobil ambulans selama waktu tes pramusim dan race pada Maret nanti. 


Direktur RSUD KLU dr. I Made Suasa

"Ini bentuk keterlibatan semua RSUD di semua kabupaten/kota di NTB, mendukung suksesnya Moto GP ini. Semua di koordinir RSUP NTB, sesuai Pergub Holding dan surat dari Dirut RSUP NTB Desember lalu," jelas Direktur  kelahiran pulau Dewata (Bali) tersebut. 


Adanya ambulans RSUD KLU di Mandalika tersebut, juga dihajatkan sebagai bagian dari promosi wisata KLU. Artinya, RSUD KLU telah mempersiapkan berbagai kelengkapan dan pelayanan yang dapat mendukung kebutuhan medis para tamu Moto GP yang berada atau menginap di Lombok Utara. 


"Ini juga menjadi promosi wisataa kita, kita sudah siap dengan berbagai fasilitas pelayanan dan kelengkapan untuk kebutuhan medis tamu," tambah Suasa. 


Mengenai detil mobil ambulans yang ditempatkan di sirkuit Mandalika, Kepala Bidang Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD KLU, drg. Nova Budiharjo menegaskan, ambulans tersebut merupakan ambulans yang lengkap dan sesuai untuk melayani kebutuhan medis di sirkuit Mandalika. 


Ambulans RSUD KLU yang bertugas di sirkuit Mandalika

Mobil Toyota Hiace tersebut ditempatkan di mandalika beserta sopirnya, hal ini dilakukan guna meminimalisir kesalahan teknis, karena sopirnyalah yang paling memahami mobil tersebut. 


Mini bus tersebut merupakan mobil ambulans dengan kelengkapan memiliki mesin EKG (untuk jantung), Ventilator Transporter, AC, Tabung Oksigen, beserta troli-troli penyimpanan obat lengkap. 


"Langsung dengan sopirnya, meminimalisir kesalahan teknis, karena dia yang lebih paham mobil itu. Selain itu isinya juga lengkap, bahkan sampai troli-troli obat," ujar Nova. 


Mobil ambulans tersebut, merupakan hibah dari pemerintah Jepang pada Tahun 2020-2021 lalu, sehingga spesifikasinya merupakan build-up (ditingkatkan) atau disesuaikan dengan standar internasional. 


Ambulans RSUD KLU yang bertugas di sirkuit Mandalika

"Mobil ambulans itu, spesifikasinya sudah build-up, pemberian pemerintah Jepang dua tahun lalu. Itu sebabnya sudah disesuaikan dengan standar internasional," jelas Nova. 


Nova meyatakan, ada tiga ring posisi ambulans di dalam sirkuit Mandalika, dan ambulans RSUD KLU nantinya akan bertugas di ring satu, atau bagian akses dalam utama di sirkuit yang tugasnya pada pelayanan pembalap. 


"Ambulans kita bertugas di ring satu untuk pelayanan medis pembalap. Di sana ada tiga ring, dan kita di dalam atau paling depan," urainya. 


Usai memberikan pelayanan pada tes pramusim ini, ambulans bernomor polisi DR 9040 GU tersebut akan ditarik ke RSUD KLU, dan akan kembali memberikan pelayanan di sirkuit Mandalika pada race Moto GP seri Mandalika pada 18-20 Maret 2022. (sat)

Posting Komentar

0 Komentar