Breaking News

6/recent/ticker-posts

Sambut Tamu Moto GP, RSUD KLU Aktifkan Layanan Extra Hospital | Suara Bumigora

Tampak depan RSUD Kabupaten Lombok Utara

Lombok Utara, suarabumigora.com - Berbagai persiapan telah dilakukan semua pihak di Nusa Tenggara Barat (NTB) guna menyambut perhelatan balap motor nomor satu di dunia yaitu Grand Prix Moto atau yang lebih dikenal dengan Moto GP. 


Race Moto GP seri Mandalika sendiri dijadwalkan pada tanggal 18 hingga 20 bulan depan (Maret 2022). Ajang balapan terfavorit ini digadang-gadang dapat menghadirkan ribuan tamu atau wisatawan domestik mau pun mancanegara. 


Tidak terlepas dari hal tersebut, Lombok Utara sebagai salah satu daerah pariwisata juga berbenah dan melakukan berbagai persiapan. Salah satunya seperti Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Lombok Utara (KLU) tengah menyiapkan berbagai pelayanan guna mengantisipasi tamu-tamu penonton Moto GP yang terkena gangguan medis. 


Salah satu langkah RSUD KLU, yaitu dengan  mengaktifkan kembali layanan Extra Hospital (Rumah Sakit Ekstra) atau yang disingkat Exhos.


Exhos merupakan layanan cepat tanggap serta penjemputan pasien-pasien yang merupakan tamu-tamu hotel atau wisatawan. RSUD KLU akan mengirimkan ambulans untuk menjemput tamu-tamu hotel yang mengalami gangguan medis, lalu dibawa menuju RSUD KLU untuk diberikan perawatan. 


Petugas medis akan membawa pasien tersebut ke RSUD KLU, lantaran alat dan fasilitasnya lebih lengkap di RSUD. Pasien bisa saja dirawat di hotel, tapi hal tersebut sifatnya observatif, hanya untuk pasien yang sudah diperiksa di RSUD atau pasien yang tengah dirawat jalan. 


"Kami memberikan kontak darurat kepada hotel-hotel sehingga jika ada tamu yang butuh pelayanan medis, kami akan menjemputnya dengan ambulans," ujar Kepala Bidang Pelayanan Medik dan Keperawatan  drg. Nova Budiharjo. 


Layanan Exhos dapat diakses selama 24 jam, sehingga mempermudah pasien yang membutuhkan pelayanan medis kapan pun. Ada empat tim yang terdiri dari 12 orang akan memberikan pelayanan Exhos. Mereka bertugas bergantian setiap harinya, guna menunggu panggilan, jika ada yang membutuhkan pelayanan medis. 


"Kita kolaborasi dengan Dinas Kesehatan KLU, tapi pelayanan RSUD itu 24 jam termasuk Exhos. Ada tiga sampai empat orang yang standby setiap hari, mereka total 12 orang bergantian piket," tambah Nova. 


Dalam wawancaranya pada Senin (14/2/2022), Nova menyatakan sudah ada beberapa kali panggilan dari hotel terkait tamu-tamu mereka yang membutuhkan pelayanan medis. Menurutnya, pihak hotel pun merasa terbantu dengan layanan tersebut. 


"Sudah beberapa kali kami dapat panggilan darurat, dan mereka juga merasa terbantu dengan layanan ini, tamu-tamunya dapat mengakses layanan medis dengan mudah," ceritanya. 


Direktur RSUD KLU dr. I Made Suasa

Direktur RSUD KLU dr. I Made Suasa, membenarkan layanan Exhos telah diaktifkan kembali. Layanan yang dahulu sebenarnya sudah berjalan sejak 2018 ini sempat vakum akibat bencana Gempa Lombok 2018, layanan Exhos saat itu kemudian bertransformasi menjadi layanan aktif untuk pelayanan  medis korban gempa. Pada 2019 sempat diaktifkan kembali namun terkendala pula oleh pandemi Covid-19. 


"Dulu sempat jalan, namun dua bencana (Gempa dan Covid-19) menghambat. Saat ini momentumnya tepat, para tamu Moto GP yang berlibur ke KLU dapat dengan mudah mengakses layanan ini," papar Suasa. 


Menurut Suasa, dari segi layanan medis, Lombok Utara sudah siap sepenuhnya menyambut perhelatan Moto GP 2022 seri Mandalika. 


Sebelumnya, RSUD KLU telah mengirimkan satu armada ambulans ke sirkuit Mandalika guna mendukung kelengkapan medis di sana. Selain itu, fasilitas lain di RSUD KLU pun sudah mumpuni, seperti ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan fasilitas lainnya. 


"Sebelumnya, sudah ada ambulans yang kami kirim ke Mandalika, sekarang gedung IGD kami juga sudah siap digunakan," paparnya. 


Berbicara terkait fasilitas dan pelayanan di RSUD KLU, Suasa membeberkan RSUD KLU telah memiliki berbagai fasilitas medis dan layanan yang variatif. Ada layanan Hyperbaric, Hemodialisis, Transfusi Darah (UTD) hingga ruang isolasi Covid-19, ICU khusus Covid-19, dan berbagai layanan lain di masing-masing unitnya. (sat)

Posting Komentar

0 Komentar