Breaking News

6/recent/ticker-posts

Buka MTQ Ke-9 KLU, Bupati: MTQ Bukan Sekedar Hajatan Tapi Penerapan Nilai Al-Qur'an | Suara Bumigora

Penabuhan bedug oleh Bupati Lombok Utara, tanda dibukanya MTQ Ke-9 Tingkat Kabupaten Lombok Utara

Lombok Utara, suarabumigora.com - Gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang ke-9 Tingkat Kabupaten Lombok Utara (KLU) secara resmi dibuka oleh Bupati Lombok Utara Djohan Sjamsu, Senin (11/10/2021). Acara pembukaan tersebut, dihadiri Wakil Bupati Lombok Utara Danny Kuarter FR, Forkopimda, para Asisten dan Dewan Hakkam. Namun ada suasana berbeda pada kegiatan rutin tahunan tersebut, kali ini MTQ tidak terleksana seperti tahun-tahun sebelumnya lantaran mengikuti protokol kesehatan sebagaimana anjuran pemerintah.


Bupati Djohan mengungkapkan, MTQ tersebut diharapkan membawa dampak baik terhadap peningkatan iman dan  kecintaan pada Al-Qur'an. Di sisi lain MTQ juga diharapkan dapat meningkatkan kegemaran membaca Al-Qur'an beserta menyampaikan dan mengamalkan substansinya. Ia tak ingin kegiatan ini semata hanya menjadi hajatan.


"MTQ ini adala kegiatan tahunan yang berjenjang dari tingkat desa, kabupaten, provinsi, nasional bahkan internasional. Maka dari itu jangan dijadikan sebagai pembinaan qori dan hafiz semata, tapi lebih penting dari itu, kita mampu mengamalkan isinya dalam kehidupan sehari-hari," ungkap Bupati. 


Pelantikan Dewan Hakkam MTQ Ke-9 Tingkat Kabupaten Lombok Utara

MTQ ini, ujar Bupati, dapat menjadi literasi kepada generasi muda, terlebih dalam perkembangan teknologi saat ini para anak muda cenderung belum bisa memaksimalkan potensi positif dari teknologi. Maka dari itu, ia berharap generasi muda akrab dengan  Al-Qur'an, yang merupakan satu satunya pedoman kehidupan. 


"Karena itulah dengan terselenggaranya MTQ harapan kita semua dapat mengisi relung hati kita dengan Al-Qur'an dari anak kecil sampai dewasa karena tantangan ke depan sangat berat," tandasnya.


Sementara itu, Pj Sekda Lombok Utara Anding Duwi Cahyadi menjelaskan, pelaksanaan lomba akan dilakukan dimulai sejak 11 hingga 15 Oktober. Tercatat, ada tujuh lokasi pelaksanaan yang berbeda di antaranya termasuk Masjid Islamic Center Tanjung, TPQ di Gubuk Baru, Masjid di Karang Raden, SMPN 1 Tanjung dan lainnya. Mengawali kegiatan tersebut, dilaksanakan Bimtek Dewan Hakkam Tilawah dan Tahfidz, diharapkan mereka dapat menilai secara adil dan profesional.


"Kita lakukan bimtek supaya Dewan Hakkam dapat memberikan penilaian secara adil dan profesional, dan menjalankan tugas sebaik-baiknya, saya kira permasalahan yang biasanya timbul seperti protes dan lainnya insyallah tidak akan terjadi," jelasnya.


"Sementara dalam jalannya lomba tidak ada masyarakat yang menonton di lokasi, lomba akan disiarkan secara streaming yang difasilitasi oleh Kominfo Lombok Utara. Untuk peserta yang akan bertanding tercatat ada 193 kafilah dengan rincian Kecamatan Pemenang 46, Tanjung 49, Gangga 25, Kayangan 45, dan Bayan 28," tutup Anding. 


Pada kegiatan pembukaan MTQ ke-9 Tingkat Kabupaten Lombok Utara tersebut, juga dilaksanakan pembacaan SK sekaligus pelantikan Dewan Hakkam oleh Bupati Lombok Utara, Kegiatan berjalan tertib dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. (sat) 

Posting Komentar

0 Komentar