Breaking News

6/recent/ticker-posts

Bupati Lombok Utara Panen Raya Bawang Merah di Santong | Suara Bumigora

 

Panen Raya Bawang Merah

Lombok Utara, suarabumigora.com - Bupati Lombok Utara Djohan Sjamsu, melakukan panen Bawang Merah program Pemerintah Pusat Kawasan Sayuran dan Tanaman Obat (STO) di kelompok tani Beriuk Sadar, Dusun  Santong Timur, Desa Santong, Kecamatan Kayangan (7/9/2021).Hadir Pula Kepala Bapenda Evi Winarni, Kepala DKP3 Tresnahadi, Camat Kayangan Siti Rukayah, Kades Santong M Zaini Ansori, serta masyarakat setempat.


Bupati Djohan menyampaikan, tanaman bawang memiliki prospek sangat tinggi dan menjanjikan oleh karenanya untuk para petani disini untuk terus mengembangkan tanaman bawang baik yang ada di Santong maupun di tempat lainya. 


"Kedepannya Santong menjadi masyarakat sejahtera dikarenakan lahan pertanian yang luas dan sumber daya alam yang melimpah jika dikelola  secara maksimal terlebih dimasa pandemi saat ini yang tidak terkena dampak hanya sektor pertanian bahkan memiliki pertumbuhan positif," tuturnya.


Saat ini, Lombok Utara selain fokus pada sektor pertanian juga fokus pada pengembangan Lebah Madu, Porang, dan Vanili. Pemerintah melalui Dinas Pertanian, mengawal titik lokasi lahan  yang cocok  untuk komuditi bawang dikarenakan tanaman ini menjadi  perhatian yang serius dari Pemda kedepannya, mengingat bawang  memiliki potensi nilai ekonomi tinggi.


Dalam acara itu, Kepala DKP3 Tresnahadi, menyampaikan sektor pertanian di KLU memiliki peranan sangat penting dan strategis saat ini, bahkan sektor pertanian satu-satunya yang mampu bertahan di masa Covid-19.


"Pertumbuhan ekonomi dibidang pertanian tumbuh positif. Terlebih, didukung oleh lahan persawahan dan perkebunan yang luas," jelasnya.


Pengembangan tanaman Bawang Merah khusus di Santong Timur, ini yang di tanam berjumlah lima hektar. Dalam satu hektar dapat mencapai hasil 35 ton basah dan ini menjadi komuditas yang patut untuk dikembangkan baik lahan maupun produksinya. (sat) 

Posting Komentar

0 Komentar