Breaking News

6/recent/ticker-posts

Chili House Meriahkan Hari Anak Nasional dengan Berbagai Lomba | Suara Bumigora

Anak-anak di Chili House saat menyanyikan lagu Indonesia Raya

Lombok Utara, suarabumigora.com - Sudah familiar di negara ini (Indonesia), kegiatan peringatan Hari Anak Nasional diperingati dengan berbagai macam kegiatan dan perlombaan yang bersifat tradisional. Tak terkecuali kegiatan yang dilakukan Chili House. Komunitas yang bergerak pada perlindungan perempuan dan anak ini juga menyelenggarakan berbagai macam lomba untuk anak-anak di Dusun Gili Trawangan, Desa Gili Indah, Pemenang, Lombok Utara, pada Jumat (23/7/2021). 


Efek nyata dari pandemi Covid-19 hingga saat ini adalah menurunnya intensitas sosial anak, diakibatkan sistem Belajar dari Rumah (BDR), sekolah online, atau minimnya proses tatap muka di sekolah. Tak hanya di sekolah, pembatasan sosial juga mengikis interaksi sosial anak, menjaga jarak dengan teman-temannya mengakibatkan anak-anak hampir tak pernah bermain dengan kawan-kawan sepermainannya. Berdasarkan hal tersebut, Chili House memfasilitasi ajang permainan anak menjadi perlombaan, tentu saja dilakukan pula dengan menjalankan protokol kesehatan. 


"Kita miris melihat interaksi sosial anak hampir tidak ada sejak pandemi ini, ini adalah salah satu solusi yang kami lakukan agar anak-anak tidak kehilangan dunia bermainnya. Sejatinya dunia anak-anak memang bermain," ujar Ain Hussin, Founder Chili House. 


Pemberian masker dan hand sanitizer oleh Polwan Polda NTB kepada pihak Chili House

Beberapa permainan seru seperti lomba Cerdas Cermat, Mewarnai, Melukis Wajah, Membuat Seni Kria, Bermaina Air, Eksperimen Gunung Meletus, dan berbagai macam alomba-lomba ringan ala 17-an (Lomba saat 17 Agustus) diperlombakan pada kegiatan Hari Anak Nasional ini. 


"Perlombaan ini kami adakan untuk memantik semangat anak-anak, pada dasarnya ini semua adalah permainan, tapi berisi ilmu untuk mengedukasi," jelasnya. 


Ain Hussin juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, hal ini terselenggara bukan hanya dengan upaya Chili House semata, tapi didukung juga oleh Polwan Polda NTB, Yayasan Good Vides Only, Villa Kayla, Kita Pixer, Mahkota Cipta Indonesia, semua masyarakat dan orang tua peserta. 


Sementara itu, Ketua Rombongan Polwan Polda NTB Heni Adriani menyatakan, Polwan Polda NTB terlibat berpartisipasi pada kegiatan ini guna memberikan pemahaman kepada anak-anak terkait pandemi Covid-19. Menurutnya, anak-anak sejak dini harus mengetahui bagaimana Covid-19 sehingga mereka dapat menjaga diri dan menjaga kesehatan secara mandiri. 


"Edukasi semacam ini penting untuk kita lakukan, guna memberikan pemahaman kepada anak-anak agar mereka dapat menjaga kesehatan secara mandiri sejak dini," ujar Kanit I Patroli Laut Dit Pol Air Polda NTB tersebut. 


Polwan Polda NTB sedang memasangkan masker untuk anak-anak

Ikut dalam rombongan Polwan Polda NTB tersebut, Kapolsek Pemenang AKP Evi Maya Febriani menyatakan, dukungan Polwan Polda NTB tidak hanya berupa edukasi kepada anak-anak, tetapi mereka juga membagikan masker dan hand sanitizer kepada 58 anak-anak yang merupakan anggota bermain di Chili House. 


"Alhamdulillah, di Hari Anak Nasional ini kami dari Polwan Polda NTB dapat memberikan edukasi dan dukungan kepada anak-anak kita di Gili Trawangan. Saya yakin kita semua punya harapan yang sama agar pandemi ini segera berakhir, dan anak-anak dapat kembali menikmati dunianya seperti saat normal dulu," papar Evi. 


Marita Caroline, salah satu orang tua anak yang menjadi anggota bermain Chili House mengungkapkan, mereka sebagai orang tua sangat mendukung kegiatan tersebut, di rumah anak mereka hanya berdiam diri tanpa kegiatana berarti, sementara di Chili House mereka dapat bermain sambil belajar. 


"Dunia anak kembali mereka dapatkan di sini, anak-anak di sini memang dari berbagai latar belakang tapi mereka bisa kompak, dan di sini mereka juga belajar, jadi kami senang melihatnya," papar Marita yang juga sedang bersama beberapa orang tua anak lainnya.


Kegiatan Hari Anak Nasional yang diselenggarakan Chili House bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme anak, sehingga mereka tumbuh menjadi generasi masa depan yang mencintai tanah airnya. (sat) 

Posting Komentar

0 Komentar