Breaking News

6/recent/ticker-posts

Lima Calon Kades Positif Bertarung di Pilkades Mambalan | Suara Bumigora

Lima Calon Kepala Desa Mambalan, dari kiri, Lalu Hamdari, Lalu Sahrudin, Raebah, Lalu Hadi Irawan, dan Sayyid Abdollah Alkaff

Lombok Barat, suarabumigora.com - Pendaftaran Bakal Calon (Bacalon) Kepala Desa Mambalan, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, telah dibuka mulai 17 Mei 2021 lalu, antusiasme masyarakat Desa Mambalan dalam mengikuti kompetisi demokrasi ini kian kentara. Bagaimana tidak? hingga pendaftaran ditutup pada 28 Mei 2021 lalu, tercatat ada tujuh bacalon yang melakukan pendaftaran ke panitia pilkades setempat. Pada Kamis 10 Juni 2021 (tadi sore) tepatnya pukul 16.00 Wita, panitia melakukan Pleno Penetapan Calon Kepala Desa Mambalan, dan menghasilkan lima kandidat yang dinyatakan lolos melangkah menjadi Calon Kepala Desa Mambalan. 


Ditemui usai pleno, Ketua Panitia Pilkades Mambalan, Lalu Alwan Jayadi, mengungkapkan tujuh orang bacalon tersebut telah disaring berdasarkan prosentase penilaian sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Kemudian ada dua orang bakal calon harus tereliminasi sesuai peraturan. 


"Kita menyaring berdasarkan prosentase nilai yang telah tertera pada Perbup (Peraturan Bupati), ada dua bakal calon yang tereliminasi dengan prosentase nilai paling rendah," jelas Jaya.

 

Dua Bacalon Kades Mambalan yang tereliminasi, dari kiri, Dewa Putu Sulantara dan Lalu Sahwadi

Diketahui, lima bakal calon yang lolos menjadi calon atas nama Lalu Hamdari dengan prosentase nilai 46, kemudian Lalu Sahrudin, Lalu Hadi Irawan, Raebah, dengan nilai prosentase sama yaitu 37 dan terakhir Sayyid  Abdollah Alkaff dengan prosentase 21. Sementara itu Dewa Putu Sulantara dan Lalu Sahwadi telah dinyatakan tereliminasi karena menempati dua posisi terbawah dengan prosentase masing-masing 20 dan 13.


"Dua urutan nilai terbawah tereliminasi atas nama Dewa Putu Sulantara dan Lalu Sahwadi, karena calon hanya boleh lima orang sesuai peraturan, jadi dua yang harus tereliminasi dari tujuh orang bakal calon," jelas Sekertaris Panitia Pilkades Mambalan, Lalu Hariadi, pada waktu yang sama. 


Kini, lima orang yang telah dinyatakan lolos sebagai Calon Kades tersebut akan mengikuti tahapan pemilihan selanjutnya. Sebelumnya telah dilakukan verifikasi administrasi sebagai dasar penyaringan dan kemudian tes membaca kitab suci kepada tujuh orang bakal calon tersebut. 


Terlihat, semua bakal calon telah menerima dengan lega hasil pleno Penetapan Calon Kades tersebut, pasalnya perhitungan prosentase nilai maupun pengumuman telah dilakukan dengan transparan, bahkan disiarkan langsung melalui akun facebook Pilkades Mambalan. (sat) 

Posting Komentar

0 Komentar