Breaking News

6/recent/ticker-posts

Panitia HPN KLU Berikan Piagam Penghargaan kepada Jurnalis Senior | Suara Bumigora

Pemberian penghargaan pada acara peringatan HPN 2021 di KLU

Lombok Utara, suarabumigora.com - Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) menjadi momentum penting bagi setiap jurnalis di Indonesia. Khusus di Kabupaten Lombok Utara (KLU) peringatan HPN dilaksanakan dengan rangkaian sarasehan jurnalistik, pemberian santunan sembako kepada lansia, dan pemberian piagam penghargaan kepada jurnalis senior di Lombok Utara. Peringatan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Bupati KLU pada Rabu (10/2/2021).


Acara peringatan HPN di KLU digagas oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) KLU bekerja sama dengan Pemda KLU, Baznas, Bank NTB Syariah, PDAM Amerta Dayan Gunung, dan berbagai instansi lain yang turut berkontribusi. Kegiatan peringatan HPN 2021 di KLU dibuka secara langsung oleh Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar.


Dalam laporannya, Ketua Panitia HPN 2021 KLU, Ria Sukandi mengungkapkan, kegiatan HPN 2021 ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan PWI. Sementara, PWI KLU baru terbentuk kembali pada dua bulan terakhir 2020 lalu. Ia berharap ke depan, peringatan HPN dapat rutin terselenggara di KLU. 


"Saya harap ke depan kegiatan HPN ini dapat rutin kita laksanakan, ini sekaligus menjadi media perkenalan kami (PWI KLU) yang baru terbentuk pada akhir tahun 2020 lalu," ujar pria berdarah Bayan tersebut.


Dalam sambutannya, Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar, menyatakan peran pers dalam membangun KLU yang baru berusia remaja ini sungguh besar. Ia mengingat, saat terjadinya gempa,  peran pers dalam memberikan informasi begitu penting terutama mengenai kondisi masyarakat saat itu, sehingga pemerintah pusat dapat memberikan perhatian terhadap KLU. Begitu juga saat terjadinya covid, peran pers sangat besar dalam memberikan informasi yang akurat.


"Peran pers sangat iuar biasa di KLU ini, terlebih saat gempa dulu, kalau bukan oleh media siapa lagi yang akan mengabarkan kondisi kita di sini. Apalagi saat ini berita simpang siur tentang covid dapat dicerahkan media mainstream," papar Najmul.


Ia pun menuturkan, berbagai prestasi yang diraih Pemda KLU maupun Bupati KLU tidak terlepas dari peran serta para jurnalis. Termasuk penghargaan-penghargaan yang diterimanya dari instansi media itu sendiri.


"Banyak penghargaan yang saya dapat selaku Bupati maupun penghargaan kepada Pemerintah Daerah, itu semua berkat peran besar teman-teman wartawan," jelasnya.


Di hari-hari terakhir masa jabatannya, Najmul juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para jurnalis yang aktif di KLU. Menurutnya pengkhidmatannya selana 10 tahun sejak menjadi Wakil Bupati dan sstelah menjadi Bupati, sangat terbantu oleh insan pers. Tak lupa ia mengcapkan maaf atas kekeliruan dan khilafnya yang terjadi selama berhubungan dengan para jurnalis.

Nursida Syam, mewakili Syamsuddin Karim (Alm) menerima piagam penghargaan HPN 2021 KLU

"10 tahun pengkhidmatan saya sejak saya menjabat Wakil Bupati, saya benar-benar merasa terbantu oleh rekan-rekan wartawan, saya mengucapkan terima kasih atas bantuan semua rekan-rekan wartawan. Tentu saya juga memohon maaf atas segala kesalahan, khilaf dan kekeliruan saya selama berinteraksi dengan kawan-kawan," tuturnya.


Sementara itu, Ketua PWI KLU Azrul Azwar, menyatakan momentum HPN ini merupakan saat tepat untuk refleksi bagi semua jurnalis. Mengenang semua para pendahulu yang telah lebih awal menggoreskan tinta faktanya di atas media. Oleh sebab itu, hal tersebut menjadi alasan utama pemberian piagam penghargaan HPN kepada tokoh-tokoh wartawan senior khususnya di KLU. Adapun yang menerima penghargaan tersebut adalah H. Aludi A.R alias Algas (Alm) mantan wartawan senior TVRI dan Syamsuddin Karim (Alm) mantan wartawan senior harian Suara NTB.


"Kita tidak boleh lupa dengan sejarah, di KLU ini mereka termasuk para tokoh pemekaran daerah, jasa mereka untuk dunia pers di KLU dan pembangunan daerah harus kita apresiasi. Ini menjadi momentum tepat pula untuk kita merefleksi diri sebagai insan pers," papar Azrul.


Pemberian penghargaan HPN kepada para tokoh wartawan senior tersebut diterima oleh perwakilan keluarga. Sementara itu, penghargaan HPN juga diberikan kepada Pemda KLU, Polres Lotara, dan Baznas KLU. Sebelumnya dilakukan pemberian sembako kepada lansia secara simbolis.


Pasca melakukan foto bersama, rangkaian kehiatan HPN 2021 di KLU dilanjutkan dengan sarasehan jurnalistik yang diikuti oleh perwakilan pokdarwis dan diisi oleh narasumber berkompeten seperti Dr. Halus Mandala, dan Fathul Rahman. (sat)

Posting Komentar

0 Komentar