Breaking News

6/recent/ticker-posts

Peringati HPSN, Pelcing Bersama Masyarakat Lakukan Aksi Bersih di Kelurahan Babakan | Suara Bumigora


Mataram, suarabumigora.com – Sebagai rangkaian peringatan Hari Peduli Pampah Nasional (HPSN) pada tanggal 21 Februari 2020  Pemuda Lombok Cinta Lingkungan (PELCING) melakukan aksi bersih-bersih di Kelurahan Babakan Kecamatan Sandubaya Kota Mataram.

Kegiatan HPSN 2020 dibuka oleh Lurah Babakan H.Harpiadi, pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada komunitas PELCING,  yang melibatkan siswa-siswi SMPN 5 Mataram dan SMKN 6 Mataram yang hadir pada saat pembukaan untuk tetap meneruskan kegiatan.

Ditambahkan dia, kita sudah punya pelopor pencinta lingkungan di Babakan, sehingga kedepan kegiatan aksi bersih-bersih terus dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang sehat.

‘’Tidak hanya hari ini saja kita melaksanakan kegiatan bersih-bersih, namun setiap hari dimulai dari diri kita sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar agar tetap bersih,’’ ungkapnya.

Diwaktu yang sama, I Gusti Bagus Jayadi ketua Umum Pelcing menyampaikan latar belakang hari peduli sampah Nasional peringatan ini muncul atas ide dan desakan dari sejumlah pihak untuk mengenang peristiwa di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, pada tanggal 21 Februari 2005 dimana pada peristiwa terjadi akibat curah hujan yang tinggi dan ledakan gas metana pada tumpukan sampah. Akibatnya  157 jiwa melayang dan dua kampung (Cilimus dan pojok) hilang dari peta karena tergulung longsor sampah yang berasal dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Lauwigajah.

Sementara itu, Ketua Panitia Ahmad Saeful Wardi menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian selaku pemuda Babakan terhadap kondisi lingkungan yang masih diselimuti dengan sampah – sampah. Hal ini disebabkan masyarakat masih membuang sampah bukan pada tempatnya (ilegal) seperti di pinggir jalan, got, saluran irigasi dan sungai.

‘’Maka dari itu, Pelcing berikhtiar melakukan kegiatan tersebut guna menyebarkan virus-virus cinta lingkungan  melalui gerakan minggu bersih (Gerimis), Jum’at Bersih untuk untuk menciptakan lingkungan yang asri dan lestari, yang juga sejalan dengan program pemerintah NTB saat yakni Tahun 2023 NTB Zero Waste,’’ tukasnya.

Dalam kegiatan tersebut masyarakat Babakan sangat antusias ikut berpartisipasi mengambil bagian membersihkan lingkungan serta anak-anak sekolah diantaranya SDN 08, 37, 40 Cakranegara, SMPN 5 Mataram dan SMKN 6 Mataram, tidak hanya masyarakat dan sekolah namun komunitas yang peduli sampah juga ikut bergabung seperti: Lombok Care Community, Setapak, Remaja Monjok KJT, WCD NTB, Rumah Millennials Lombok, Trashbag Community NTB, dan Satgas Zero Waste NTB. (lws)

Posting Komentar

1 Komentar