Breaking News

6/recent/ticker-posts

Kemarau Memasuki Puncak, Ispa dan TB Meningkat di KLU | Suara Bumigora

Kepala Dikes KLU, dr. H. Lalu Bahruddin. 
Lombok Utara, suarabumigora.com - Memasuki puncak musim kemarau di NTB, tingkat kerawanan masyarakat terhadap penyakit semakin meninggi. Tingginya volume debu dan polusi di jalanan maupun di pemukiman warga akibat cuaca panas dan kebakaran hutan dan lahan meningkatkan angka penderita Infeksi saluran pernapasan (Ispa)  dan TB di Lombok Utara. 

Menurut Kepala Dinas Kesehatan KLU, dr. Lalu Bahruddin, penderita Ispa di masing-masing puskesmas di KLU meningkat tajam, kemudian angka penderita TB menembus 22 orang. 

"Banyak sekali kalau Ispa, kita tidak tau berapa jumlah pastinya yang jelas banyak sekali, kalau TB sekitar 22 penderita untuk saat ini," ungkap Bahruddin. 

Selain Ispa dan TB, Bahruddin juga menjelaskan peningkatan penyakit nonfisik, terhitung sejumlah 17 warga KLU menderita gangguan jiwa, semuanya sudah dirawat di RSJ Provinsi NTB. 

"Sudah 17 orang kita serahkan ke RSJ Provinsi NTB, kit lepaskan mereka artinya ke RSJ, agar tidak ada tindak pemasungan," tambah Bahruddin. 

Ia berharap berbagai penyakit yang muncul di KLU dapat segera teratasi, terlebih permasalahan saluran pernapasan dan TB yang meningkat akibat cuaca panas dan asap kebakaran hutan. (sat) 

Posting Komentar

0 Komentar