Breaking News

6/recent/ticker-posts

11 Desa Wisata Narmada Tampil di Inspiratif Expo | Suara Bumigora


Mataram, suarabumigora.com - Inspiratif Expo (IE) yang digelar Dinas komunikasi, informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB menghadirkan Kecamatan Narmada sebagai undangan special pada IE di arena Car Free Day (CFD) di Jalan Udayana Mataram Minggu, (20/19).

Kecamatan Narmada menampilkan 11 Desa wisata terbaiknya di antaranya Desa Suranadi, Desa Peresak, Desa Sembung, Desa Selat, Desa Sesaot, Desa Dasan Tereng, Desa Buwun Sejati, Desa Mekarsari, Desa Lebah Sempaga, dan Desa Golong.

Plt. Kepala Diskominfotik NTB, Gde Putu Aryadi menyampaikan pengembangan 99 Desa wisata di seluruh daerah NTB menjadi salah satu fokus yang digarap pemerintah daerah dari 60 program unggulan gubernur dan wakil gubernur NTB, Bang Zul- Umi Rohmi, dalam mewujudkan masyarakat NTB yang Gemilang.

“Narmada merupakan salah satu sentra wisata di NTB. Selain pesona alam dan air awet mudanya,  ada berbagai produk yang dihasilkan dari tempat wisata. Seperti UMKM, kuliner, produk kerajinan hingga seni budaya. Semuanya diharapkan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Semoga ini dapat dijadikan sebagai contoh bagi desa-desa yang lain, sehingga dapat mewujudkan NTB Gemilang,” ungkapnya.

Baiq Yeni S. Ekawati selaku Camat Narmada mengawal langsung ke-11 Desa Wisata tersebut. Ia berharap, dengan 11 Desa Wisata di Kecamatan Narmada ini dapat menambah jumlah destinasi wisata bagi wisatawan saat berkunjung ke kabupaten Lombok Barat.

“Kami ingin wisatawan tahu, tak hanya punya Taman Narmada. Tapi juga mempunyai banyak destinasi wisata yang lain seperti kekayaan alam yang luar biasa yang bisa dikembangkan dan pengelolaannya lebih baik agar bisa dinikmati dengan nyaman oleh wisatawan,” jelas Baiq Yeni.

IE kali ini juga dirangkaikan dengan kampanye Zero Waste. Karena warga yang hadir dalam gelaran tersebut diminta untuk memungut sampah lalu memilahnya sesuai kategori sampah yang organik dan non organik. Bahkan Camat  sendiri ikut langsung memberikan contoh kepada warga bagaimana cara memilah sampah yang baik. Kemudian Pengumpul sampah terbanyak lalu diberikan hadiah berupa aneka produk dari desa wisata yang tampil.

Beragam seni budaya khas Kecamatan Narmada juga ditampilkan untuk meramaikan acara. Seperti Tarian Pendet diiringi Penabuh Nirataya Gita Putri, Desa Suranadi dan  Tarian Rejang Sari yang mencerminkan rasa Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kemudian Tari Rudat dari Desa Kramajaya Kec.Narmada Pimpinan H.Marwan. Serta Kembang Sembah oleh Liana dan Vony sanggar Dende Rinjani. (lws)

Posting Komentar

0 Komentar