Breaking News

6/recent/ticker-posts

Kenalkan Demokrasi Sejak Dini, Panwascam Bayan Sosialisasi ke SMPN 1 Bayan | Suara Bumigora

Edukasi demokrasi kepada siswa

Lombok Utara, suarabumigora.com - Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Bayan Kabupaten Lombok Utara hadir sebagai narasumber pada Proyek  Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Negeri 1 Bayan, Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, Kamis (9/11/2023). Kegiatan tersebut mengangkat tema "Suara Demokrasi" yang diikuti oleh siswa-siswi SMP Negeri 1 Bayan. 


Ketua Panwascam Bayan, Bambang Wahyudi menyampaikan, materi pengenalan kepemiluan dalam  kehidupan demokrasi dan implementasinya di lingkungan sekolah. Selain itu, dirinya juga memperkenalkan penyelenggara pemilihan umum seperti peran Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).


Di hadapan peserta, Bambang juga mencontohkan, implementasi pemilu bisa dilakukan dalam pelaksanaan pemilihan Ketua OSIS, mulai dari tahapan pencalonan, kampanye hingga hari pemilihan atau pemungutan suara.


"Pola-pola ini dapat juga diterapkan di sekolah pada saat pemilihan Ketua OSIS," ujarnya. 


Acara sosialisasi berlangsung menarik dan interaktif yang diselingi kuis atau pertanyaan berhadiah yang disambut dengan antusias oleh para siswa. 


Sementara itu, Koordinator Hukum, Pencegahan, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat (HP2H) Panwascam Bayan, Dedy Muslihadi, menyambut dan mengapresiasi pihak sekolah yang telah melibatkan dan memberi ruang Panwaslu Kecamatan Bayan dalam memberikan edukasi tentang demokrasi sejak usia dini dilingkungan sekolah. 


Foto bersama

Menurutnya, hal tersebut bisa menjadi modal dasar untuk memperkenalkan bagaimana tata cara penyelenggaraan pemilihan umum, termasuk bisa diimplementasikan dalam pemilihan ketua OSIS. 


Pihaknya berharap, kegiatan semacam ini bisa dilakasanakan di seluruh sekolah seperti SMA, hingga perguruan tinggi yang ada di Kecamatan Bayan.


"Bawaslu membuka ruang kepada semua pihak untuk berkolaborasi memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat terutama di lembaga pendidikan," ujar Dedy kepada media ini. 


Usai kegiatan, Kepala SMP Negeri 1 Bayan Faridha, menyambut baik dan berterima kasih kepada Panwaslu Kecamatan Bayan yang telah hadir untuk memberikan edukasi kepada siswa-siswi SMP Negeri 1 Bayan.


Menurutnya, kegiatan tersebut sebagai upaya Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Bayan terkait Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.


"Dalam waktu dekat ini sekolah akan menyelenggarakan pemilihan ketua OSIS dengan cara mengadopsi sistem Pemilihan Umum sebagai bahan pembelajaran," ujar Dedy usai acara sosialisasi. (sat)

Posting Komentar

0 Komentar