Breaking News

6/recent/ticker-posts

Peringati HTBS Sedunia, InSPIRASI NTB Gelar Pelatihan Jurnalisme Warga | Suara Bumigora


Lombok Barat, suarbumigora.com -  alam rangka memperingati hari Tuberkolosis Sedunia (HTBS) yang biasa digelar tiap tahunnya pada tanggal 24 Maret. InSPIRASI NTB menggelar Peringatan Hari HTBS Sedunia 2022 bertajuk "Invest to End TB, Save Lives Invest" dirangkaikan dengan Pelatihan Jurnalisme Warga bertempat di kantor InSPIRASI NTB, Labuapi Lombok Barat, Rabu (20/4/2022).


Direktur InSPIRASI NTB Nurjanah menyampaikan Hari Tuberculosis Sedunia menjadi momentum InSPIRASI NTB untuk menunjukkan komitmennya dalam mendukung eliminasi TBC di Provinsi Nusa Tenggara Barat oleh Komunitas. 


Dalam merayakan hari TB tahun 2022 ini SSR InSPIRASI NTB memberikan penghargaan kepada kader TB selaku sebagai aset yang paling berharga dalam upaya eliminasi TB di masyarakat.


Selain itu, Nurjanah menyebutkan tujuan pelatihan Jurnalisme Warga ini untuk meningkatkan kapasitas kader memberikan pelatihan jurnalisme warga agar kader bisa menceritakan perubahan dan praktik baik melalui tulisan sederhana yang didapatkan selama menjadi kader TB InSPIRASI NTB.


"Hal ini sebagai investasi penyelamatan NTB dari TB dengan memberikan apresiasi dan dukungan yang berkelanjutan pada kader yang selalu aktif, berkomitmen, dan berdedikasi tinggi melakukan promosi, edukasi dan pendampingan pasien TBC dalam situasi dan kondisi apapun," Jelas Nurjanah aktivis perempuan.


Sebagai informasi, kegiatan ini didukung oleh Global Fund melalui Konsorsium Penabulu-STPI sebagai PR, dan PKBI NTB sebagai SR. InSPIRASI NTB selaku sebagai SSR sejak 2021 melakukan intervensi di wilayah kerja 20 puskesmas di Kabupaten Lombok Barat oleh 42 kader, dan 11 puskesmas di Kota Mataram oleh 30 kader. 


Sementara itu, Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah mengapresiasi langkah InSPIRASI NTB yang selama ini terus ikhtiar dengan program eliminasi TB tahun 2030 di NTB.


"Mari bersama terus menerus berkalaborasi dan bekerjasama untuk mencegah TB di NTB," pungkasnya.


Selain itu, Wagub mengatakan kunci mencegah penyakit menular ini dengan menyetop potensi penularannya dan kemudian mengobatinya. Selain itu jangan merasa malu, merasa minder dan jangan takut bila ketahuan. Justru itu agar akan mempemudah diketahui. Sehingga mempercepat penanganannya.


"InSPIRASI NTB bersama seluruh kader sebagai garda terdepan agar masalah TB bisa dimengerti, dipahami dan disikapi positif oleh masyarakat," kata Umi Rohmi sapaan akrab Wagub.


Apa yang dilakukan hari ini memberikan dampak yang signifikan bagi pembangunan kesehatan di NTB. Berbicara TB tidak main-main karena ini ibarat sebagai bom waktu kalau tidak diseriusi. (lws)


Posting Komentar

0 Komentar