Breaking News

6/recent/ticker-posts

Sosialisasi Digital Marketing di Sembalun, KKN Tematik Unram Gandeng NTB Mall | Suara Bumigora

Foto bersama saat sosialisasi

Lombok Timur, suarabumigora.com - Guna mendorong percepatan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Sembalun Timba Gading Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram mengadakan sosialisasi tentang Digital Marketing (Pasar Digital),  pada Selasa (1/2/2022). 


Mengusung tema “Penguatan Manajemen Usaha dan Strategi Pemasaran pada UMKM di Desa Sembalun Timba Gading”, kegiatan ini diselenggarakan di Aula Kantor Desa Sembalun Timba Gading. Pada kesempatan ini, Mahasiswa KKN UNRAM menggandeng NTB MALL sebagai pemateri, guna memberikan wawasan lebih kepada masyarakat. 


Ketua Kelompok KKN Tematik Unram di desa ini M. Wawan Kurniawan mengatakan, kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu program utama yang direncanakan oleh mahasiswa KKN di Desa Sembalun Timba Gading sebagai wujud kepedulian mahasiswa terhadap permasalahan utama para pelaku UMKM di desa ini, yaitu terkait pemasaran. 


"Ini salah satu program utama kita, ini dilakukan sebagai bentuk pengabdian dan kepedulian kami kepada masyarakat di sini," jelasnya. 


Sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala Desa, Perangkat Desa, UMKM, Kelompok PKK, Karang Taruna, dan Pokdarwis setempat.  Materi yang diberikan meliputi perkenalan tentang pengertian Digital Marketing dan manfaatnya pada pegiat UMKM. 


Suasana saat sosialisasi

Kepala Desa Sembalun Timba Gading Ridwan Hardi, mengapresiasi kegiatan yang digagas mahasiswa KKN ini. Mengingat, warganya yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai pedagang, pelatihan ini dirasa penting bagi warganya. 


Kendati tinggal di desa, Kades Ridwan menegaskan, ke depan masyarakat harus mampu bersaing dengan orang-orang di kota. Masyarakat desa pun tidak boleh ketinggalan dalam hal pemanfaatan teknologi digital, terutama media sosial. Dengan adanya sosialisasi ini, ia berharap masyarakat Desa Sembalun Timba Gading memiliki wawasan lebih dalam pemasaran digital sehingga dapat berimplikasi meningkatkan ekonomi. 


“Kita tidak boleh kalah dengan orang-orang kota, meski di desa kita harus paham teknologi, terutama media sosial yang dapat dimanfaatkan sebagai media pasar. Sehingga dapat meningkatkan ekonomi kita, nah itulah esensi yang kita harapkan dari acara ini," ujar Ridwan.


IdalIdal Umam Ario Kusuma, salah satu peserta sosialisasi ini mengaku, sosialisasi yang diikutinya kali ini berbeda, pasalnya selama ini ia hanya mendapat asupan materi saja. Tapi kali ini, ia dan rekan-rekannya dapat langsung memasarkan produknya di NTB Mall. 


"Ini kelebihan dari sosialisasi kali ini, kita difasilitasi untuk memasarkan produk kita di NTB Mall," papar Idal. 


Hal senada diungkapkan Ketua Pokdarwis Desa Sembalun Timba Gading Bizan Fatomi, menurutnya sosialisasi yang menggandeng NTB Mall ini banyak memberi solusi terkait pemasaran hingga produk, seperti desain kemasan dan label, sehingga produk lebih menarik. 


"Pemateri mengerti dengan permasalahan yang kami tanyakan, dan banyak memberi solusi terkait pemasaran hingga desain kemasan dan label produk," tutup Fatomi. (sat)

Posting Komentar

0 Komentar