Breaking News

6/recent/ticker-posts

Peringati HAKORDIA, KPP Pratama Matim Adakan Training Rutin Budaya Antikorupsi | Suara Bumigora

Acara In House Training peringatan HAKORDIA

Mataram, suarabumigora.com - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Mataram Timur (Matim) mengadakan In House Training dengan tema Penguatan Budaya Antikorupsi. Training tersebut dilakukan pihak KPP Pratama Matim sebagai rangkaian memperingati Hari Antikorupsi Sedunia (HAKORDIA) Tahun 2021 yang jatuh pada 9 Desember. Kegiatan ini dilangsungkan secara daring (online) dan luring, bertempat di Aula Sekotong KPP Pratama Matim, Kamis (9/12/2021). 


Kepala KPP Pratama Matim Iteng Warih Patriati menjelaskan, acara training ini dilakukan secara rutin sebagai bentuk komitmen KPP Pratama Matim dalam pemberantasan tindakan korupsi terutama di lingkup internal mereka. 


"Ini kami lakukan secara rutin, sebagai bentuk komitmen kami dalam pemberantasan korupsi, terutama dimulai dari internal kami, membudayakan Budaya Antikorupsi," jelas Iteng. 


Penyerahan cinderamata

Ia menambahkan, pengawasan yang dilakukan harus berkesinambungan secara internal, kemudian didukung oleh pengawasan eksternal dengan melibatkan stakeholder yaitu masyarakat dan pihak penegak hukum.


"Pengawasan harus berkesinambungan, baik internal maupun eksternal, melibatkan masyarakat dan aparat penegak hukum," paparnya. 


Pada kesempatan yang sama, AKBP Zamroni mewakili Kapolda NTB sekaligus menjadi narasumber pada kegiatan tersebut menyampaikan, Iman sebagai benteng terkuat melawan korupsi. Selain memperkuat iman, ia juga berpesan agar para peserta juga tetap memperkuat imun sebagai benteng ketahanan diri dari pandemi Covid-19. 


Penyerahan cinderamata

"Apa pun pelanggaran itu, terutama korupsi, benteng terkuat untuk melawannya adalah iman, selain itu imun juga penting dijaga, terutama di masa pandemi ini," ujarnya. 


Ia juga menyebutkan, ASN merupakan salah satu unsur yang rentan terjebak dalam perkara korupsi, oleh sebab itu ia menegaskan agar para ASN khususnya di lingkup KPP Pratama Matim agar tegas menjaga integritasnya. 


"ASN memang rentan terjerat kasus korupsi terutama di lingkup birokrasi, oleh sebab itu maka perlu kita jaga integritas kita dalam bekerja melayani masyarakat," tegasnya. 


Kegiatan yang diikuti oleh semua unsur KPP Pratama Matim ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan memperkuat semangat budaya Antikorupsi di lingkungan Kementerian Keuangan khususnya di Direktorat Jenderal Pajak. 


Foto bersama saat kunjungan Bupati Lombok Utara

Perlu diketahui, pada 21 Desember 2020 lalu, KPP Pratama Mataram Timur telah mendapatkan predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI WBK) dari Kemenpan RB. Saat ini, KPP Pratama Mataram Timur sedang menjalani proses persiapan menuju Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bebas Melayani. Selanjutnya pada 20 November 2021 ini, KPP Pratama Mataram Timur juga berhasil mendapatkan peringkat kedua dalam penilaian Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) tingkat Kementerian Keuangan


Bupati Lombok Utara Djohan Samsu, berkesempatan mengunjungi kantor KPP Pratama Mataram Timur pada 30 Nopember lalu, dalam rangka koordinasi langkah-langkah pengamanan penerimaaan negara serta menjalin silaturahmi dan sinergi antara Direktorat Jenderal Pajak dan Pemerintah Daerah. Dalam kesempatan ini, Bupati Djohan  menekankan pentingnya fungsi penerimaan negara bagi berjalannya pemerintahan terutama di Kabupaten Lombok Utara. 


"Kami menekankan pentingnya fungsi penerimaan negara bagi jalannya pemerintahan, terutama di Lombok Utara," ujar Bupati Djohan yang didampingi Kasubag Protokol Prokopim Setda KLU Novia Trisnawati saat kunjungan tersebut. (sat) 







Posting Komentar

0 Komentar