Breaking News

6/recent/ticker-posts

LOC Inisiasi Gerakan "Buang Sampah Sembarangan, Memalukan" | Suara Bumigora

 

Sambutan Bupati Lombok Barat Dalam Kegiatan WCD

Lombok Barat, suarabumigora.com -  Peringati World Cleanup Day (WCD) Lombok Ocean Care (LOC) didukung berbagai komunitas peduli lingkungan dan pemerintah daerah setempat melakukan aksi bersih-bersih di area wisata Senggigi pada Sabtu, (18/9/2021).


Ketua LOC, Christine Sakinah Nauderer selaku inisiator kegiatan WCD 2021 ini menyampaikan, bahwa sampah merupakan permasalahan bersama, bukan merupakan persoalan satu atau dua orang. Sehingga untuk mengatasinya butuh kesadaran secara kolektif. 


"Kita harus bergerak bersama, mulai perduli terhadap lingkungan sekitar kita," ungkap Sakinah wanita asal Jerman yang kini sudah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). 


Sakinah juga menceritakan bahwa ini merupakan kali ke-tiga Senggigi menjadi tuan rumah peringatan WCD. Pada mulanya kekhawatiranya terhadap banyaknya sampah plastik yang jelas mengganggu ekologi laut. Menurutnya sedikit sekali masyarakat yang peduli terhadap lingkungan dan bahkan terkesan acuh terhadap sampah.


"Alhamdulillah, kini sudah mulai banyak yang peduli terhadap kebersihan lingkungan dan mulai mengolah sampahnya sendiri," pungkas Sakinah.


Lebih lanjut, Sakinah berharap agar daerah wisata Senggigi bisa kembali seperti masa kejayaannya di waktu silam.


"Senggigi harus kembali kita hidupkan, kembali kita jaga dan tentunya bersama kita bisa," ujar Sakinah.


Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid dalam sambutannya menyampaikan, mengajak seluruh masyarakat dan berbagai elemen untuk berkomitmen bersama mengatasi persoalan sampah dan lingkungan. 


"Permasalahan sampah tidak akan mampu diselesaikan oleh pemerintah tanpa keterlibatan masyarakat, tanpa keterlibatan komunitas," ungkap Fauzan.


Lebih lanjut, Fauzan menjelaskan, Hari Bersih-Bersih Sedunia ini adalah sebuah momentum guna menciptakan kawasan wisata Senggigi yang semakin bersih dan lestari.


"Senggigi merupakan kawasan yang sering dikunjungi oleh wisatawan, sudah sepantasnya kita sebagai bagian dari masyarakat turut serta menjaga kebersihan," ungkap Fauzan


Lebih lanjut Fauzan berhara agar kegiatan seperti ini bisa menjadi sebuah tradisi, rutinitas dan gaya hidup.


"Mari kita terus berkomitmen untuk peduli terhadap kebersihan, mulai dari diri masing-masing kita peduli terhadap masalah sampah,” pungkas Fauzan.


Kegiatan WCD kali ini mengangkat tajuk "Buang Sampah Sembarangan, Memalukan". Terdapat beberapa kategori lomba untuk dilombakan dalam peringatan WCD kali ini, mulai dari Pengumpul Sampah Pantai Terbanyak, Sampah Jalan Terbanyak, Kostum Terbaik, Team Terkompak, Sampah Teraneh, Foto Competion, Putung Rokok, dan Permainan Tradisional. (hd)

Posting Komentar

0 Komentar