Breaking News

6/recent/ticker-posts

Gempa 7,1 SR Guncang Sulawesi Utara | Suara Bumigora

Ilustrasi gempa bumi (gambar: Tribunnews.com)

Sulawesi Utara, suarabumigora.com - Musibah lagi-lagi menimpa Indonesia tercinta, berkekuatan 7,1 Skala Richter (SR), gempa bumi dilaporkan menguncang perairan laut Sulawesi Utara, Kamis 21 Januari 2021 sekitar pukul 20.23 WITA. 


Gempa bumi bermagnito 7,1 tersebut diketahui berpusat pada koordinat 4,94 LU dan 127,44 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 132 km arah Timur Laut Kota Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada kedalaman 119 km.


Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam laporannya menyebutkan, gempa bumi dahsyat tersebut tidak berpotensi tsunami.


“Gempa ini tidak berpotensi tsunami,” kata BMKG dalam keterangan resminya, Kamis malam.


Pusat gempa terjadi pada kedalaman 154 kilometer di bawah laut. Getaran gempa Dirasakan (MMI) IV Melonguane, IV Tahuna, IV Ondong, III Manado, IV Bitung, II Bolaang Uki, II-III Gorontalo, II-III Halmahera Utara, II-III Galela.


Hingga berita ini diterbitkan belum ada laporan mengenai dampak akibat gempa ini terkait korban maupun kerusakan yang ditimbulkan. 


BMKG juga menghimbau Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi. (sat)

Posting Komentar

0 Komentar