Breaking News

6/recent/ticker-posts

Pilbup dan Pilwabup KLU Fix 9 Desember 2020 | Suara Bumigora

Ketua KPUD KLU, Juraidin
Lombok Utara, suarabumigora.com - Menindaklanjuti simpang siur informasi terkait penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020, khususnya Pilbup dan Pilwabup KLU, Ketua KPUD KLU Juraidin, angkat bicara. Ia menegaskan bahwa pelaksnaan Pilbup dan Pilwabup KLU akan terlaksana tahun ini, tepatnya pada 9 Desember 2020 mendatang. Hal tersebut diungkapkannya pada media di sela-sela kegiatan Pelantikan Anggota PPS se-KLU (15/6/2020). 

Menurutnya, penetapan tanggal pelaksanaan Pilbup dan Pilwabup KLU tersebut telah dipastikan oleh KPU RI melalui PKPU Nomor 5 Tahun 2020, yang merupakan perubahan ketiga PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pilkada Serentak. Ia mengungkapkan KPUD KLU telah menerima surat tersebut pada Sabtu (13/6/2020) lalu. 

"Jadi ini sudah fix 9 Desember nanti ya, karena PKPU Nomor 5 Tahun 2020 sudah keluar, suratnya kita sudah terima Sabtu kemarin," ujarnya saat diwawancarai media (15/6/2020). 

Juraidin menegaskan, ada beberapa poin yang berubah pada metode pelaksanaan tahapan Pilkada kali ini terkait dengan pandemi Covid-19 ini. Antara lain, Juraidin menyebutkan, perubahan pada metode sosialisasi, debat publik dan kampanye terbuka serta penambahan TPS. Ia menerangkan, nantinya akan ada TPS khusus yang disediakan sebagai tempat pemilih yang termasuk kategori PDP, Reaktif maupun Positif Covid-19.

Metode sosialisasi yang dahulu dilakukan dengan terjun langsung ke masyarakat melalui tatap muka, kini dikurangi jumlah pesertanya maksimal 20 orang sehingga lebih banyak menggunakan sosialisasi daring. Selanjutnya kampanye terbuka pun demikian maksimal 20 orang peserta, mengenai debat publik cukup dilakukan secara tertutup di studio atau di ruangan tertentu. 

Ketua Bawaslu KLU, Adi Purmanto
"Yang dominan berubah tentunya metode, sosialisasi, kampanye dan debat kandidat semua berubah. TPS pun akan disediakan TPS khusus bagi pasien positif, PDP maupun yang reaktif," terang Juraidin. 

Namun, Juraidin menyatakan pihaknya (KPUD KLU) sudah sangat siap menggelar Pilbup dan Pilwabup KLU 2020, serta merasa optimis semua tahapan akan berjalan dengan baik. 

Kesiapan yang sama juga diungkapkan Ketua Bawaslu KLU Adi Purmanto, dihubungi melalui saluran telepon Ia menyatakan Bawaslu KLU pun sudah sangat siap mengawasi jalannya Pilbup dan Pilwabup KLU 2020. Ia menyatakan saat ini Bawaslu KLU telah memperkuat pengawasan daring, karena melihat perubahan metode akibat Covid-19 yang lebih mengarah pada sistem online. 

"Kita tetap siap mengawasi kapan pun itu. terkait metode kampanye yang saat ini dominan daring, maka kami memperkuat pengawasan terhadap objek online," papar Adi. (sat) 

Posting Komentar

0 Komentar