Breaking News

6/recent/ticker-posts

Pemdes Malaka Siap Kucurkan Rp 1 Milyar Guna Penanganan Covid-19 | Suara Bumigora

Kepala Desa Malaka, Akmaluddin Ichwan
Lombok Utara, suarabumigora.com - Pemerintah Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, siap kucurkan anggaran Rp 1 Milyar guna penanganan Covid-19 jika diminta oleh Pemda, dan saat ini Pemdes Malaka telah menyediakan anggaran Rp 350 Juta yang sudah mulai digunakan untuk penanganan Covid-19. Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Malaka, Akmaluddin Ichwan, saat ditemui media pada Rabu (8/4/2020). 

"Saat ini sudah siap anggaran kita Rp 350 Juta, kami siap anggarkan Rp 1 Milyar jika diminta Pemda KLU," ujarnya. 

Kepala Desa yang telah memimpin Malaka selama dua periode tersebut mengungkapkan, anggaran sejumlah Rp 350 Juta tersebut, akan dikelola oleh masyarakat sendiri, melalui kelompok-kelompok dan lembaga-lembaga desa, seperti LPM, BPD, dan PKK. 

Ia menjelaskan, kebutuhan masker untuk 12 dusun di Desa Malaka akan diproduksi olek 30 anggota PKK, sementara itu untuk cairan disinfektan dan alat screening serta penanganan lapangan diserahkan kepada lembaga-lembaga desa yang lain. 

"Kita sudah atur agar anggaran Rp 350 Juta itu dapat memberi manfaat kepada masyarakat, kami berdayakan ibu-ibu PKK kami untuk menjahit masker," ujar Ichwan. 

Sementara ini Pemdes Malaka telah membentuk 13 Satgas Penanganan Covid-19, 12 satgas tersebar di masing-masing dusun, kemudian satu Satgas Desa sebagai Induk atau koordinator. Hingga saat ini, Pemdes Malaka telah melakukan penjagaan di setiap pintu masuk desa, mengadakan APD untuk Satgas Dusun dan Satgas Desa, serta  melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi-lokasi strategis dan fasilitas umum di Desa Malaka. (sat) 

Posting Komentar

0 Komentar