Breaking News

6/recent/ticker-posts

Bawaslu KLU Umumkan Rekrutmen Panwascam | Suara Bumigora

Poster rekrutmen Panwascam
Lombok Utara, suarabumigora.com - Menjelang 2020, tahun yang sudah ditetapkan  sebagai tahun pilkada di kabupaten Lombok Utara (KLU), Bawaslu setempat membuka perekrutan untuk memenuhi ketersediaan tenaga pengawas pemilu di masing-masing kecamatan di Lombok Utara. Hal tersebut diungkapkan Koordinator Devisi SDM dan Organisasi Bawaslu KLU, Muhidin, Rabu (13/11/2019). 

Muhidin menerangkan, sesuai dengan SK Bawaslu RI No. 0883/K.BAWASLU/KP.01.00/XI/2019 mengenai tahapan penerimaan Panitia Pengawas Tingkat Kecamatan (Panwascam), akan diselenggarakan secara terbuka dan demokratis. Ia mengaku pamflet atau poster juga sudah disebarkan melalui media sosial. 

Tahapan rekrutmen dimulai dengan tahap sosialisasi yang sudah berjalan sejak Tanggal 6-12 Nopember 2019, kemudian untuk penyerahan berkas dimulai dari 27 Nopember hingga 3 Desember 2019. Tahapan akan selesai pada pelantikan kandidat yang dinyatakan lulus pada 20-21 Desember tahun ini. 

Kordiv SDM dan Organisasi Bawaslu KLU, Muhidin
Muhidin menerangkan masih ada kekurangan dalam persiapan timnya, saat ini Bawaslu KLU masih belum menentukan lokasi untuk penyelenggaraan test perekrutan, pasalnya test akan dilakukan melalui jalur online dengan sistem CAT atau Socrative.  Dengan demikian Bawaslu KLU harus mencari lokasi dengan perangkat komputer yang banyak dan akses internet yang memadai. 

"Karena digunakannya sistem online ini, maka kami harus menyediakan lokasi yang memiliki fasilitas komputer yang cukup dan sambungan internet yang memadai," jelas Edo (sapaan akrab Muhidin). 

Ditemui di ruang kerjanya, Ketua Bawaslu KLU, Adi Purmanto, menjelaskan dengan penerapan sistem CAT atau Socrative tersebut maka Bawaslu KLU tidak berwenang untuk mengintervensi nilai peserta, oleh karena itu hasil test murni akan ditentukan oleh Bawslu RI. 

"Jadi kan begitu mereka selesai akan ketahuan hasilnya saat itu juga, dan hasil seleksi Panwascam ini murni ditentukan oleh Bawaslu pusat," jelas Adi. 

Adi mengungkapkan beberapa persyaratan yang harus disiapkan oleh calon peserta seperti ijasah, dan data pribadi lainnya, dengan rentan usia peserta minimal 25 tahun saat mendaftar. Terkait lokasi pelaksanaan  dan beberapa tahapan serta persyaratan dapat dilihat secara lengkap di website resmi Bawaslu KLU. lombokutara.bawaslu.go.id

"masih ada beberapa persiapan yang belum fiks, namun terkait pengumuman syarat, tahapan, dan informasi yang belum rampung kami akan umumkan melalui website resmi dan media sosial resmi kami," tambahnya. (sat) 

Posting Komentar

0 Komentar