Breaking News

6/recent/ticker-posts

Media Unram Gelar LJTD XXVII | Suara Bumigora

Jumaidi, saat menyampaikan materi Jurnalistiknya
Mataram, suarabumigora.com - Media Unram, sebagai lembaga pers mahasiswa tertua di Universitas Mataram (Unram) ini kembali menggelar Latihan Jurnalistik Tingkat Dasar (LJTD), kali ini Media Unram menggelar pelatihan tersebut untuk ke-27 kalinya. LJTD ini berlangsung selama tiga hari (20-22/9/2019). 

Menurut Pemimpin Umum Media Unram, Meiza Royadi, pelatihan ini digelar untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa di bidang jurnalistik, sekaligus sebagai persyaratan mahasiswa bergabung dengan lembaga pers mahasiswa tersebut (Media Unram-red). 

"LJTD ini sebenarnya salah satu rangkaian penerimaan anggota baru media, yang sudah berlangsung lebih dari 27 tahun,  pelatihan ini juga merupakan upaya kami untuk mengasah bakat mahasiswa yang tertarik di bidang jurnalistik," jelas Meiza. 

LJTD yang merupakan agenda tahunan Media Unram ini diisi oleh narasumber-narasumber yang berkompeten di bidangnya. Di antaranya, Ketua AJI Mataram, Sirtupillaili, Direktur Literasi NTB, Ahmad Sirulhaq, Aktivis FITRA NTB, Jumaidi, Tokoh Sastrawan Wanita NTB, Baiq Ilda Karwayu, Pemimpin Redaksi suarabumigora.com, Satria Efendi,  Jurnalis Suara NTB, Atanasius Rony Fernandes, dan Ahmad Hiswandi. 

Ketua Panitia, Ihsan Hadi, menuturkan LJTD diselenggarakan selama tiga hari, dengan jadwal dua hari di dalam ruangan untuk pemberian materi dan satu hari di luar ruangan untuk kegiatan simulasi. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang biasanya diselenggarakan selama lima hari, dengan jadwal tiga hari materi dan sua hari simulasi. 

"Kita press kegiatan ini menjadi tiga hari, untuk efisiensi waktu, karena ada kendala-kendala teknis, seperti kesiapan anggota dan persiapan lain, jujur saja bagi kami waktunya agak mepet, tapi kami berharap waktu yang sedikit ini bisa efektif. Rencananya pasca pelatihan ini kami akan mengadakan kegiatan penguatan kapasitas dengan tajuk berbeda," ungkap Ihsan. 

Di luar kendala yang dialaminya terlihat peserta sejumlah 25 orang mahasiswa yang ikut sebagai peserta antusias dan kritis terhadap materi-materi yang diberikan narasumber. Hingga saat ini pelatihan tersebut masih berlangsung dan akan berakhir Minggu (22/9/2019) di wilayah Taman Ayu, Gerung, yang merupakan lokasi simulasi peliputan berita mereka. (sat) 

Posting Komentar

0 Komentar