Breaking News

6/recent/ticker-posts

AMSI NTB Komitmen Perangi Hoax | Suara Bumigora

Pelantikan pengurus AMSI wilayah NTB. 
Mataram, suarabumigora.com - Pengurus wilayah Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) NTB, telah resmi dilantik oleh Dewan Pengawas Pusat AMSI, Dwi Eko Lokononto. Dalam pelantikan yang digelar Senin (23/9/2019) di Mataram tersebut, Ketua AMSI NTB, TGH. Fauzan Zakaria bersama seluruh anggotanya berkomitmen untuk memerangi hoax. 

Menurut Dwi, dalam sambutannya sebelum melantik, pengurus AMSI NTB merupakan pengurus wilayah ke 17 yang terbentuk, meski demikian perusahaan media online yang tergabung dalam keanggotaan AMSI NTB tergolong banyak, lebih dari 30 media.

"Sebelumnya sudah terbentuj 16 pengurus wilayah AMSI, dan AMSI NTB adalah pengurus wilayah ke 17 yang terbentuk. Wilayah NTB termasuk yang banyak keanggotaannya, baru terbentuk saja lebih dari 30 media yang bergabung," jelas Dwi. 

Suasana sebelum pelantikan pengurus AMSI wilayah NTB
Hak tersebut dibenarkan Koordinator AMSI Wilayah Jawa, Bali, Nusra, Yatimul Ainun, Antusiasme perusahaan media di NTB ini untuk tergabung sangat besar, bahkan  jumlah ini dinilai melebihi angka jumlah keanggotaan AMSI Jatim. 

"Lebih dari 30 perusahaan media tergabung di AMSI NTB, dan itu melebihi jumlah keanggotaan AMSI Jatim, yang selama ini hanya memiki 26 anggota perusahaan media," ungkap Ainun. 

Sementara itu, Ketua Amsi NTB yang baru saja usai dilantik, TGH. Fauzan Zakaria, menyatakan keseriusan pihaknya untuk memerangi hoax. Maraknya berita-berita hoax yang beredar menurutnya membuat semua pihak resah, untuk itu Ia mengharapkan AMSI NTB sebagai organisasi perusahaan media dapat terlibat aktif dalam meminimalisir berita hoax. 

"Kita semua berharap, AMSI sebagai penyeimbang beredarnya berita hoax di media sosial yang saat ini intensitasnya sangat tinggi, AMSI akan mencoba untuk terus menekan berita semacam itu (hoax-red)," kata Fauzan. 

Fauzan menambahkan, agar masyarakat juga tidak mengkonsumsi berita atau informasi secara mentah, namun harus melakukan verifikasi terlebih dahulu.

"Masyarakat juga harus cerdas, jangan menelan mentah berita-berita itu, harus dilakukan cek dan ricek atau verifikasi sehingga tidak tertipu oleh penyebar berita yang tidak bertanggung jawab," tambahnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Mewakili Gubernur NTB, Kepala Diskominfotik NTB, I Putu Gede Aryadi, menyatakan keberadaan pengurus wilayah AMSI di NTB, diharapkan dapat membantu program-program pembangunan daerah. NTB, secara umum memiliki destinasi wisata sebagai potensi daerah. Untuk branding potensi dan memberitakan konten-konten positif tersebut Pemerintah provinsi NTB, membutuhkan bantuan media online. 

"NTB, sebagai daerah yang terkenal dengan keindahan wisatanya, butuh bantuan juga dari kawan-kawan media untuk membranding dan mempromosikan destinasi di NTB, terlebih pasca gempa tahun lalu, sektor pariwisata membutuhkan bantuan media agar dapat segera pulih." Pungkas Gede. 

Tidak cukup dengan dilantik, guna meningkatkan kapasitas pengurus AMSI NTB melanjutkan agenda dengan menggelar seminar nasional "Media Siber Melawan Informasi Hoax". (sat) 

Posting Komentar

0 Komentar