Breaking News

6/recent/ticker-posts

Gubernur NTB, Tanggapi Santai Potensi Gempa Megathrust Patahan Selatan Lombok | Suara Bumigora


Konfrensi pers Pemprov NTB, di Rumah Langko, Kamis (4/7/2019)
"Biasa saja, Bahkan ada yang memprediksi Kiamat tahun depan"

Mataram, suarabumigora.com - Pernyataan santai tersebut dilontarkan Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, saat konfrensi pers terkait mitigasi bencana yang digelar Pemprov NTB di Rumah Langko, Kamis (4/7/2019).

Zul (sapaan akrab Gubernur NTB) menjelaskan, gempa berpotensi terjadi di setiap daerah, bukan hanya di Lombok, menurutnya itu adalah konsekuensi dari geografis Indonesia yang membentang di jalur patahan atau sering disebut "Ring of fire" (Lingkaran Api). 

"Santai saja, saya bahkan pernah membaca, ada yang memprediksi kiamat akan terjadi tahun depan, ini merupakan konsekuensi geografis kita yang dikenal dengan Ring of fire", Jelas Zul. 

Zul juga mengimbau agar masyarakat tidak perlu panik atau resah terhadap hal tersebut, yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan mental masyarakat terkait mitigasi bencana, "Prioritas utama Pemprov adalah menjadikan NTB Tangguh, oleh karena itu mitigasi bencana adalah nomor satu", Tambahnya. 

Dalam forum yang sama, Kepala Biro Humas Provinsi NTB, Najamuddin, menguatkan argumen Gubernur NTB tersebut. Ia menyatakan hingga saat ini di negara manapun belum memiliki teknologi untuk memprediksi kapan gempa terjadi. 

"Jepang pun belum punya teknologi itu, dan kita tidak akan pernah tau kapan itu akan terjadi, sehingga yang diperlukan adalah kesiapan kita mengenai mitigasi bencana itu sendiri" Ungkap Najamuddin. (sat)

Posting Komentar

0 Komentar