Breaking News

6/recent/ticker-posts

Maju di Pilpres 2024, Cak Imin dapat Dukungan Kelompok Nelayan Sekotong | Suara Bumigora

TGH. Khudari Ibrahim memberikan pemaparan pada para nelayan di Sekotong, Lombok Barat

Lombok Barat, suarabumigora.com - Ratusan masyarakat yang berasal dari puluhan kelompok nelayan di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat (Lobar) bersama jajaran Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lobar, menggelar deklarasi mendukung Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar maju di pemilihan Presiden Republik Indonesia (RI) di tahun 2024 nanti. Deklarasi yang dilakukan asosiasi kelompok nelayan tersebut berlangsung di pantai Kemos, Desa Buwun Mas, pada Minggu (9/7/2023). 


Hal tersebut dilakukan guna memastikan dukungan para nelayan di Lombok Barat terhadap Cak Imin (sapaan akrab Muhaimin Iskandar) pada pilpres 2024 mendatang. Di samping itu, melalui deklarasi tersebut, DPC PKB Lobar juga menghimpun aspirasi masyarakat nelayan sehingga dapat dikawal dan diwujudkan jika Cak Imin terpilih menjadi presiden nantinya. 


"PKB ini memang partai yang memiliki basis di kalangan masyarakat pedesaan, mau itu petani atau nelayan. Basis perhatian kami memang di situ. Jadi di kalangan pedesaan PKB ini sudah sangat familiar," ujar Ketua DPC PKB Lobar TGH. Khudari Ibrahim. 


Khudari melanjutkan, PKB, khususnya DPC PKB Lobar optimis mendapat dukungan penuh dari para nelayan di sepanjang pantai Lobar, terlebih terkait dengan masyarakat pedesaan. Menurutnya, PKB punya andil besar dalam menginisiasi berbagai kebijakan pemerintah pusat terkait desa, seperti dana desa yang digelontorkan pemerintah pusat, perpanjangan masa jabatan kades hingga sembilan tahun, dan bahkan jika Cak Imin terpilih nanti sebagai presiden, rencananya dana desa akan dinaikkan menjadi sekitar Rp 5 miliar per desa. 


"Banyak kebijakan pusat terkait desa yang diinisiasi PKB di antaranya dana desa, dan perpanjangan masa jabatan kades. Bahkan rencananya jika Cak Imin naik, dana desa akan ditambah menjadi Rp 5 miliar," terang Khudari. 


Nelayan di Sekotong mendeklarasikan dukungan terhadap Cak Imin di Pilpres 2024

Dalam pidatonya saat deklarasi tersebut, ia berharap para nelayan dapat memilih pemimpin negara dengan cerdas. Memilih pemimpin yang membawa kesejahteraan dan pro terhadap nelayan dan masyarakat desa. 


Menurutnya, Sekotong merupakan wilayah yang kondisinya tandus dan kering, namun tersimpan potensi ekonomi besar dari sektor kemaritiman maupun sektor pariwisata. Ia membeberkan, kuncinya, agar pemerintah pusat dapat menghadirkan investor ke Lombok Barat khususnya Sekotong sehingga potensi ekonomi tersebut dapat dikelola dan menghasilkan kesejahteraan bagi masyarakat. 


"Potensi kita di sekotong ini besar, tapi daerah mengalami keterbatasan anggaran. Oleh sebab itu perlu pemerintah pusat untuk mendatangkan investor agar dapat terkelola potensi-potensi ini," tambahnya. 


Sementara itu, Ketua LPP DPC PKB Lobar Fathurrahman menyebutkan, Selain deklarasi yang dilakukan oleh para kelompok nelayan tersebut, deklarasi serupa untuk mendukung Cak Imin maju di Pilpres 2024 nanti, juga dilakukan oleh Persatuan Kelompok Peternak Sapi, dan selanjutnya disusul oleh Persatuan Pecinta Burung Kecial. 


"Kemarin deklarasi juga dilakukan para peternak sapi, sekarang para nelayan, dan besok disusul para pecinta burung kecial," ujar Fathurrahman. 


Menurut Fathurrahman, deklarasi ini tidak hanya dilakukan DPC PKB Lobar, namun dilakukan oleh semua kelembagaan PKB se-Indonesia. 


Menurutnya, deklarasi ini merupakan langkah awal. Setelah penetapan Cak Imin menjadi Capres, kata Fathurrahman, akan disusul dengan gerakan-gerakan lainnya untuk memastikan dukungan. Ia melanjutkan, PKB adalah partai yang bersumber dari akar rumput, dari pesantren, dan dari masyarakat desa sehingga besar harapan PKB akan meraih kemenangan di kontestasi politik tahun depan. 


"Dua wasiat almarhum Gus Dur (KH.Abdurrahman Wahid) yang harus kita jalankan hingga saat ini, yaitu perbaikan di sektor ekonomi kemaritiman dan pembangunan dari desa, atau dari akar rumput," pungkasnya. (sat)

Posting Komentar

0 Komentar