Breaking News

6/recent/ticker-posts

Peringati Hardiknas, Pemda KLU Berikan Penghargaan untuk Guru dan Siswa Berprestasi | Suara Bumigora

Penyerahan Penghargaan Oleh Bupati Lombok Utara 

Lombok Utara, suarabumigora.com - Peringati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Pemerintah Lombok Utara berikan penghargaan untuk guru dan siswa berprestasi bertempat di Halaman Kantor Bupati, Selasa (2/5/2023). 


Peringatan Hardiknas kali ini dirangkaikan dengan dengan Hari Otonomi Daerah Ke-27 dan Paripurna Kabupaten Lombok Utara. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Dany Karter Febrianto, Wakapolres Lotara Kompol Samnurdin, Pabung Dandim 1606 Mataram Letkol Ibnu Haban, para Kepala PD, serta undangan lainnya.


Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, sebagai petugas upacara dipimpin oleh Kepala UPTD Dikbudpora Kecamatan Gangga Sumadip, dan Perwira upacara Kabid Pemuda dan Olahraga Dikbudpora KLU Nasli, dengan para peserta upacara terdiri dari ASN, P3K se KLU, Para siswa dan siswi SMA, SMP, SD.


Sebelum membacakan amanat Mendikbud Ristek RI Bupati Djohan menyampaikan selamat hari raya idul fitri 1444 H minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin.


Dalam amanat Mendikbud Ristek RI bahwa sebanyak 24 episode merdeka belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntut bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.


"Sejalan dengan kurikulum merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetisi," ungkap Djohan. 


Suasana Upacara 

Dari segi pendanaan, pencairan langsung dana bantuan operasional sekolah (BOS) dan bantuan operasional pendidikan (BOP) ke sekolah dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dengan cara perluasan program beasiswa, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sekarang jauh lebih terbuka, dukungan dana pendanaan untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi.


“Mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan merdeka belajar, mendidik generasi pelajar pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan," ungkapnya.


Berkaitan dengan Hari Otonomi Daerah Ke-27 bupati menunaikan merefleksikan esensi filosofi dari ditetapkannya otonomi daerah dengan tujuan medesentralisasikan sebagian kewenangan daerah, sejatinya untuk menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang ada sehingga dapat meningkatkan pendapatan asli daerah serta memacu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan.


"Evaluasi dan memastikan bahwa penyusunan program dan kegiatan dalam APBD agar tepat sasaran, efektif dan efisien sehingga diharapkan dapat dimanfaatkan untuk program-program pembangunan dan kesejahteraan rakyat, meningkatkan IPM, menurunkan kemiskinan, menungkatkan konektivitas serta akses infrastruktur yang baik," ungkapnya.


Pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional di KLU, Pemda menyerahkan Piagam penghargaan kepada sekolah berprestasi yakni SMPN 1 Bayan sebagai Juara 3 Tingkat Provinsi dalam Lomba Sekolah Pangan Jajanan Anak Sekolah Aman BPPOM NTB, dan sebagai pelaksana Sekolah Penggerak SMP, serta Sekolah Penggerak SD sebagai pelaksana sekolah penggerak, Sekolah Penggerak KB/TK/PAUD sebagai pelaksana sekolah penggerak.


Selain itu penghargaan juga diberikan kepada Mulyadi, guru SMPN Satap 1 Gangga atas peran aktif sebagai pelaku pembinaan Seni Teater dan Drama tingkat Kabupaten maupun Provinsi, Viddi Mega Samudera, Guru SMPN Satap 1 Gangga atas Peran Aktif sebagai Pelaku Berbagi Praktik Baik dan Narasumber Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran.


Selain Sekolah dan Guru Pemda KLU juga memberikan Penghargaan kepada siswa dan siswi yang berprestasi yaitu Lisa Maelani siswa SMPN 2 Tanjung atas Prestasi Sebagai Juara 1 Lompat Jauh Putri dalam Kejuaraan DBON, Nune Bani Solah siswa SDN 1 Gondang atas Prestasi Sebagai Juara 1 Menulis Aksara tingkat Provinsi dan Peserta FTBI Tingkat Nasional, Alia Jazza Alfathir siswa SMPN 2 Tanjung atas Prestasi Sebagai Juara 1 Liga Pop Pelajar NTB, Azril Afandi siswa SMPN 2 Tanjung atas Prestasi Sebagai Juara 1 Lompat Jauh Putra Siswa SMP Tingkat Nasional dalam Kejuaraan Energen Student Athletics Champions dan Zulfa Nurfadila Nabilah siswa SMPN 1 Tanjung atas Prestasinya Meraih Medali Emas Bidang Studi Bahasa Inggris dalam Olimpiade Pelajar Nusantara 2023. 


Penghargaan sendiri diserahkan langsung oleh Bupati,Wakil Bupati, Sekda, Wakapolres, Pabung 1606 Mataram, Kadis Dikbudpora KLU secara bergiliran. (snd)

Posting Komentar

0 Komentar