Breaking News

6/recent/ticker-posts

Cara Hidup Hemat ala Anak Kost, Dijamin Uang Bulanan Aman!

 

https://www.pexels.com/photo/students-in-the-school-hallway-8419494/

Hidup mandiri sebagai anak kost pasti punya pengalaman menarik. Salah satunya adalah belajar cara hidup hemat ala anak kos. Jatah uang bulanan harus diatur dengan baik agar mencukupi kebutuhan hidup dalam satu bulan ke depan. Anda bisa mengatur keuangan untuk makan dan ongkos ke kampus, serta membeli kebutuhan perlengkapan harian hidup di kost.

Cara Hidup Hemat ala Anak Kost agar Uang Bulanan Aman

Menjadi anak kost bukan berarti Anda bisa hidup bebas tanpa aturan. Kenyataannya, hidup mandiri mengajarkan Anda berbagai hal yang belum pernah dialami sebelumnya. Misalnya saja kehabisan stok makanan atau uang bulanan sebelum waktunya. Nah, agar uang bulanan tetap aman dan bisa hidup sejahtera, Anda wajib tahu tips hidup hemat anak kos berikut ini!

1. Buat Rencana Anggaran Belanja Bulanan

Ketika menerima jatah uang bulanan, sebaiknya Anda langsung membuat rencana anggaran belanja bulanan. Tujuannya agar uang yang didapat dari orang tua bisa Anda bagi ke dalam beberapa pos kebutuhan. Cara hidup hemat ala anak kos ini juga menjaga agar Anda tidak boros dan membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan hingga akhirnya jatah uang bulanan habis sebelum waktunya.

2. Batasi Jajan di Luar

Agar uang bulanan aman, batasi jajan di luar, nongkrong di mall terlalu sering, hangout di kafe dengan teman-teman, serta aktivitas luar kampus yang berpotensi menghabiskan uang bulanan. Anda masih bisa melakukanya sesekali, misalnya di akhir pekan atau di waktu khusus. Beli stok makanan secukupnya saja yang bisa disimpan untuk camilan saat belajar atau roti untuk sarapan.

3. Masak Sendiri

Rumah kost umumnya menyediakan dapur umum yang bisa Anda pakai bersama penghuni kost lainnya. Manfaatkan fasilitas ini untuk memasak makanan sendiri. Aktivitas memasak sendiri juga bisa menambah skill memasak Anda, lho. Jatah uang bulanan bisa semakin hemat jika Anda membawa makanan hasil kreasi sendiri sebagai bekal makan siang di kampus. Jangan lupa cuci peralatan masak dan makanan Anda dengan menggunakan sabun cuci piring hemat yang ramah di kantong dan pastikan dapur bersih setelah Anda memasak, ya!

4. Cuci dan Setrika Pakaian Sendiri

Saat ini sudah banyak jasa laundry murah yang umumnya terjangkau uang bulanan anak kost. Namun jika Anda ingin melakukan cara hidup hemat ala anak kos dan lebih berhemat, Anda bisa mencuci dan setrika pakaian sendiri. Buatlah jadwal mencuci dan setrika agar pakaian kotor tidak menumpuk hingga Anda kehabisan pakaian bersih untuk ke kampus. Pastikan Anda melakukan laundry mandiri tanpa harus mengorbankan waktu belajar atau mengerjakan tugas kampus, ya!

5. Biasakan Menabung

Cara hidup hemat ala anak kos yang bisa Anda lakukan adalah menabung. Kebiasaan menabung walau sedikit akan berguna di masa depan nanti. Anda akan terbiasa dengan pola menabung hingga saat telah bekerja dan menerima penghasilan sendiri. Uang tabungan bisa digunakan untuk keperluan mendesak atau mewujudkan tujuan lain yang Anda inginkan di masa depan. 


Tips di atas merupakan cara hidup hemat ala anak kos yang bisa Anda terapkan selama hidup mandiri di kost. Penghematan jatah uang bulanan, misalnya dengan cara membeli sabun cuci piring hemat dengan harga hemat dan murah di Blibli.com bisa membuat hidup di kost lebih sejahtera. Semua kebutuhan bulanan di kost, bisa Anda dapatkan dengan harga hemat, murah, dan lengkap hanya di toko online terbaik Blibli.com, 

Pasalnya, guna memberikan kepuasan berbelanja para pelanggannya, Blibli menawarkan keunggulan yang tak sedikit. Tersedia beragam promo menarik bagi siapapun yang belanja online di marketplace satu ini. Tak hanya promo, Blibli juga memberikan biaya ongkos kirim murah ke seluruh pelosok Indonesia. Apalagi didukung dengan sistem pembayaran yang mudah dan praktis. Pastinya nggak ada alasan lagi untuk menunda belanja online di sini, bukan? So, Happy Shopping!

Posting Komentar

0 Komentar