Breaking News

6/recent/ticker-posts

Rektor UNU NTB Berikan Dukungan pada Empat Mahasiswa KLU yang Berhasil Uji Coba Listrik Mikrohidro | Suara Bumigora

Foto bersama empat orang mahasiswa asal Santong bersama Rektor UNU NTB Baiq Mulianah (tengah)

Mataram, suarabumigora.com - Empat mahasiswanya berhasil uji coba listrik mikrohidro, Rektor Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Nusa Tenggara Barat (NTB) Baiq Mulianah memberikan apresiasi. Menurutnya, uji coba dan perencanaan yang dilakukan empat mahasiswa asal Kabupaten Lombok Utara (KLU) tersebut dapat bermanfaat besar untuk masyarakat KLU khususnya Desa Santong. Hal tersebut diungkapkan Baiq Mulianah saat ditemui di ruang kerjanya pada Rabu (23/11/2022). 


"Anak-anak kita ini sudah memiliki keinginan untuk mengamalkan atau mengaplikasikan ilmu yang mereka punya. Sedikit, tapi bisa diamalkan itulah yang nanti akan membuat mereka menjadi ahli," kata Mulianah. 


Ia menyatakan, aktivitas uji coba listrik dan pembuatan destinasi wisata berbasis edukasi, konservasi, dan kemandirian energi yang dirancang mahasiswanya merupakan bentuk pengamalan ilmu. Dikatakannya, itu pula merupakan buah dari doa yang selalu dipanjatkan pihaknya setiap hari. 


"Setiap hari kita berdoa agar ilmu-ilmu kita dapat diamalkan, inilah Ridho Allah terhadap doa-doa kami. Kami selalu berdoa agar ilmu-ilmu yang didapatkan anak-anak kami dapat mereka amalkan," ungkapnya. 


Atas nama UNU NTB, Mulianah menyatakan akan tetap mendukung kegiatan positif yang dilakukan mahasiswanya. UNU NTB dapat berperan membantu mematangkan perencanaan yang dirancang mahasiswa tersebut bersama Pokdarwis PAS dengan kajian-kajian akademis. 


Rektor UNU NTB Baiq Mulianah saat diwawancarai di ruang kerjanya

Selain itu, Mulianah mengungkapkan, ke depan bisa jadi Desa Santong menjadi desa binaan UNU NTB. Pasalnya, visi-misi UNU NTB cukup relevan dengan potensi desa dan perencanaan yang dilakukan mahasiswa mereka. 


"Bisa jadi nanti Santong menjadi desa binaan kita, karena apa yang anak-anak kita lakukan sekarang cukup relevan dengan visi-misi UNU NTB. Begitu juga dengan sumberdaya alam dan lingkungannya," ujar Mulianah. 


Sementara itu, di tempat yang sama, Algivari Azziardi, salah satu dari empat mahasiswa asal Santong KLU tersebut mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan Rektor UNU NTB tersebut terhadap kegiatan yang dilakukannya. Ia berharap dengan adanya dukungan pihak kampus, semua hal yang mereka rencanakan dapat terealisasi dengan lancar. 


"Terima kasih banyak pada bu Rektor, ini adalah dukungan dan semangat yang besar bagi kami. Semoga dengan dukungan ini semua yang kami rencanakan dapat terealisasi dengan baik," ujarnya. 


Mereka menyebutkan, kerja sama mereka dengan Pokdarwis PAS telah berjalan, dan perlahan sedang mempersiapkan penyediaan listrik untuk beberapa pondok (rumah singgah petani) di hutan Santong, dengan mengandalkan aliran sungai. 


"Kami sedang mempersiapkan untuk penyediaan listrik di pondok-pondok petani hutan, di kawasan hutan Santong. Doakan ya semoga lancar," ujar Mahasiswa semester satu ini. (sat) 

Posting Komentar

0 Komentar