Breaking News

6/recent/ticker-posts

APERSI NTB Diresmikan, Pariwisata NTB Dipercaya jadi Peluang Bisnis Perumahan | Suara Bumigora

Penyerahan bendera Pataka APERSI, dari Ketua DPP APERSI kepada Ketua DPD APERSI NTB


Mataram, suarabumigora.com - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) resmi dilantik di Hotel Aston Inn Mataram, pada Jumat (1/7/2022). Kendati APERSI merupakan asosiasi ke dua tertua, namun di NTB, DPD APERSI merupakan yang terbaru dibentuk. 


Pengurus DPD APERSI NTB dikukuhkan langsung oleh Ketua Umum Dewan  Pengurus Pusat (DPP) APERSI, Junaidi Abdillah. Acara sakral itu pun dihadiri Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, Sekertaris Satgas Saber Pungli RI, Irjen-Pol Agung Makbul, Pimpinan Pusat Bank BTN, beberapa pimpinan bank di NTB, serta sejumlah stakeholder terkait. 


Dalam sambutannya, Ketua Umum DPP APERSI memberikan ucapan selamat kepada DPD APERSI NTB yang baru saja dilantik. Ia meminta para pengurus DPD APERSI NTB bergerak cepat untuk segera mengurus berbagai keperluan termasuk perizinan pengembangan permukiman di NTB. 


"Selamat kepada para pengurus yang telah dilantik. Saya mengingatkan bahwa APERSI memiliki makna filosofis. Di antaranya, amanah, loyalitas dan berkomitmen melayani kebutuhan masyarakat," tegas Junaidi. 


Ia menyebutkan, APERSI merupakan asosiasi ke dua tertua. Namun demikian, progres capaian yang ditorehkan APERSI tidak bisa dianggap remeh. Bagaimana tidak, menurut Junaidi, hingga saat ini, dengan 3.500 pengembangnya APERSI memuncaki klasmen tertinggi realisasi Kredit Perumahan Rakyat (KPR) di Indonesia. 


Penandatanganan pelakat komitmen pelayanan publik bersih oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah

Prestasi tersebut, menurut Junaidi, tak lepas dari kerja sama dan kemitraan yang baik dengan pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), serta stakeholder lainnya. 


"Capaian ini tak terlepas dari peran pemerintah dan BUMN sebagai mitra," terang Junaidi. 


Menutup pernyataannya, Junaidi berharap agar pemerintah dan DPD APERSI NTB dapat menjalin kerja sama dalam hal yang berkaitan dengan perumahan dan permukiman, seperti kelistrikan dan lainnya. 


Pada kesempatan yang sama, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, juga mengucapkan selamat atas terbentuknya DPD APERSI NTB. Bang Zul (sapaan akrab Zulkieflimansyah) bahkan menyatakan mendukung penuh upaya APERSI dalam menyediakan hunian yang terjangkau dan berkualitas bagi masyarakat NTB. 


Foto bersama usai pelantikan

"Selamat dan sukses untuk DPD APERSI NTB. Saya berharap dengan adanya APERSI di NTB, masyarakat dapat lebih mudah memiliki hunian yang layak, sehat, dan asri," harap Bang Zul. 


Dukungan penuh terhadap APERSI juga disampaikan Sekertaris Satgas Saber Pungli RI, Irjen-Pol Agung Makbul. Sebagai mitra, ia berkomitmen memberantas mafia pungli terutama pada hal-hal yang dapat menghambat proses perizinan perumahan. 


"Kami sudah melakukan sidak (inspeksi mendadak) terhadap dua instansi yang kaitannya erat dengan perizinan perumahan. Seperti Badan Pertanahan Nasional (BPN) NTB, dan Dinas Perizinan Terpadu Lombok Barat. Itulah wujud komitmen kami mengawasi," papar Agung. 


Sesaat usai dilantik, Ketua DPD APERSI NTB, Ismed F. Maulana mengungkapkan, menjadi Ketua DPD APERSI NTB bukan tanggung jawab mudah. Namun, melalui APERSI, ia berkomitmen memajukan bisnis perumahan di NTB dengan cara menjalin sinergitas antara APERSI dan pemerintah, serta stakeholder terkait. 


"Harapan kita semua adalah majunya bisnis perumahan di NTB, melalui APERSI dengan programnya. Khususnya sebagai wadah bagi para pengusaha properti dan rumah subsidi," terang Ismed. 


Sementara itu, sudut pandang potensial diungkapkan Sekertaris DPD APERSI NTB Ilman Cipta. Menurutnya, NTB memiliki potensi besar untuk bisnis pengembangan perumahan dan properti. Pasalnya, NTB merupakan daerah pariwisata yang telah mendunia. Sejalan dengan itu, event-event sport tourism internasional juga menjadi dukungan tersediri bagi peluang tersebut, seperti Moto-GP, WSBK, dan MXGP serta beberapa event internasional lainnya. 


Sekertaris DPD APERSI NTB, Ilman Cipta


"NTB ini daerah pariwisata, bahkan sudah mendunia. Event-event internasional seperti Moto-GP dan MXGP dapat dibaca sebagai peluang besar untuk pengembangan bisnis properti atau perumahan ke depannya," urai Ilman. 


Di satu sisi, menurutnya, majunya bisnis perumahan di NTB secara mutualisme dapat saling menguntungkan dengan kemajuan pariwisata di NTB. 


"Majunya pariwisata dapat mendorong kemajuan bisnis properti, begitu juga sebaliknya," jelasnya.


Ilman menambahkan, pengembangan bisnis properti dan perumahan juga dapat membantu kaum milenial yang sedang mengawali kehidupan barunya (pengantin baru), yang tentu saja membutuhkan hunian layak, bersubsidi, dan terjangkau. Dengan landasan itu, APERSI hadir menjadi solusi untuk melayani kebutuhan masyarakat.


"APERSI hadir memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap hunian yang terjangkau, dan layak. Terutama untuk menjawab kegelisahan kaum milenial yang baru membuka lembaran rumah tangga," papar Ilman. 


Bukan hanya mereka yang baru membangun rumah tangga, anak-anak muda pun memiliki impian yang sama terkait kepemilikan tempat tinggal sendiri. Hal ini merupakan tantangan bagi APERSI untuk memenuhi kebutuhan tersebut. 


Tidak dipandang sebagai tantangan, Ilman, justru melihat hal tersebut sebagai peluang kemajuan bagi bisnis perumahan di NTB. Ia optimis, ke depan bisnis perumahan di NTB akan maju dengan pesat. 


"Banyak fenomena dan kebutuhan masyarakat di NTB ini yang justru kami lihat sebagai potensi. Oleh karena itu, saya optimis bisnis perumahan di NTB akan bertumbuh pesat," tutup Ilman. 


Usai pelantikan pengurus DPD APERSI NTB, acara dilanjutkan dengan penyerahan bendera Pataka APERSI, dan selanjutnya dilakukan pengucapan ikrar pengurus APERSI secara bersama-sama. (sat) 

Posting Komentar

0 Komentar