Breaking News

6/recent/ticker-posts

Pemda KLU kembali Mutasi Pejabat, Satu Kadis "Nonjob" Menjabat Kadis lagi | Suara Bumigora

Acara Pelantikan Pejabat di KLU

Lombok Utara, suarabumigora.com - Bupati Lombok Utara Djohan Sjamsu kembali melaksanakan mutasi terhadap 140 Aparatur Sipil Negara (ASN). Bertempat di Halaman Kantor Bupati, Jumat (17/12/2021). Mutasi tersebut sekaligus mengisi kekosongan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dalam tiga bulan terakhir berjalan dibawah pimpinan pelaksana tugas (Plt).


Djohan Sjamsu, dalam sambutannya mengungkapkan, mutasi ini telah melalui proses pansel. Dengan demikian 14 Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) telah terisi. Ia berpesan, pejabat yang dilantik dapat menjalankan tugas dengan baik dan amanah. Pejabat juga diminta menegakkan disiplin aturan yang berlaku. Ia mengaku, akan terus melaksanakan evaluasi dan memantau kinerja para pejabat tersebut. 


"Seluruh pejabat yang dilantik harus mengedepankan aturan. Saya akan tetap mengevaluasi kinerja saudara-saudara sebagai pejabat di Lombok Utara, evaluasi kita terus berjalan," ungkapnya dalam pidato saat itu. 


Dalam mutasi ini, tercatat ada nama-nama anyar yang menjadi kepala dinas. Di antaranya, Denda Dewi Tresni Budiastuti yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Umum Setda Lombok Utara, kini memimpin Dinas Ketenagakerjaan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker PTSP). Selanjutnya, Ir. Hermanto yang sebelumnya tergabung dalam Tim Percepatan Pengkajian Kebijakan Pemerintah Daerah (nonjob) kini bertugas memimpin Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat Desa (DP2KBPMD).


Sementara Plt Kepala DP2KBPMD sebelumnya yaitu Rusdianto dilantik sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup Perumahan dan Kawasan Permukiman (DLHPKP) Lombok Utara. Untuk Plt Dinas sebelumnya mayoritas telah dijadikan kepala dinas definitif oleh bupati. Misalnya, Ainal Yakin sebagai Kepala Dinas Pariwisata, dr. Abdul Kadir sebagai Kepala Dinas Kesehatan. Tri Dharma Sudiana sebagai Kepala BKDPSDM, Parihin sebagai Kepala Bappeda KLU, Muldani sebagai Kepala Bakesbangpol, Serta Kepala Dikbudpora sekarang dijabat oleh Adenan.


"Jabatan ini adalah titipan, semoga semua pejabat yang baru saja dilantik bisa menjalankan tugasnya dengan baik," pesan Djohan.


Sementara itu, usai pelantikannya, Kepala BKDPSDM Lombok Utara Tri Dharma Sudiana menjelaskan, mutasi ASN melibatkan eselon II B 12 orang, eselon III A 19 orang, eselon IV A 82 orang, dan eselon IV B 3 orang. Jumlah tersebut berlum ditambah dari pejabat yang sebelumnya mengikuti pansel di Mataram beberapa waktu lalu. Kendati demikian, dari mutasi ini masih ada menyisakan kekosongan dibeberapa tempat. Misalnya, Staf Ahli, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, serta Sekertaris Daerah (sampai sekarang dijabat Penjabat).


“Kita menunggu arahan dari pak Bupati untuk pansel jabatan Sekda. Karena Dinas Arsip Desember ini pensiun, dan tenaga Staf Ahli juga masih kosong dua orang. Kami berharap awal Januari ini bisa ada solusi,” jelasnya.


Kosongnya jabatan tersebut tidak hanya terjadi pada tataran eselon tinggi, di tataran eselon IV pun dikatakan Dharma juga masih ada kekosongan. Hal ini disebabkan karena memang Lombok Utara kekurangan pegawai secara umum. Kemudian untuk mensiasati kekurangan di eselon IV ini pihaknya akan menunggu kenaikan pangkat yang rencana bulan April 2022 mendatang serta melihat tenaga guru dan Kesehatan yang bukan fungsional.


“Memang kita kekurangan orang di Kesbangpol, Bappeda dan di BKD juga ada yang kosong. Untuk mengatasi itu kami menunggu kenaikan pangkat atau mengisi guru dan tenaga kesehatan yang bukan fungsional,” pungkasnya. (sat)

Posting Komentar

0 Komentar