Breaking News

6/recent/ticker-posts

Bupati Lombok Utara Terima Kunker Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek RI | Suara Bumigora

Prosesi pengikatan Sapuq oleh Bupati Lombok Utara



Lombok Utara, suarabumigora.com -Bupati Lombok Utara Djohan Sjamsu, menerima Kunjungan Kerja Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi RI Hilmar Farid, bertempat di Pendopo Bupati Lombok Utara Gangga, Senin (18/10/2021). Hadir pula para kepala OPD, tokoh adat, serta pemangku kepentingan lainya.


Bupati Djohan Menyambut baik  kunjungan kerja Dirjen Kebudayaan di KLU, ia berharap semoga silaturahmi Kementerian dengan Pemda dan masyarakat adat serta budayawan tetap berkelanjutan. Banyak suku, adat dan budaya yang berkembang di Indonesia  termasuk di Lombok Utara mendapatkan pengakuan oleh negara.


"Komitmen kami di daerah terhadap adat-istiadat serta budaya diperkuat dengan Perda no 6 Tahun 2020, hal ini menunjukkan  keberadaan adat istiadat tidak bisa dipisahkan dari daerah,"tuturnya.


Lombok Utara atau lebih dikenal dengan masyarakat Dayan Gunung memiliki ciri khas budaya tersendiri, sedikit berbeda dengan daerah lainnya di Lombok dan hal ini menjadi khasanah kekayaan budaya.


"Kuatnya tradisi adat masyarakat di Lombok Utara telah  dipelihara  oleh masyarakat adat secara utuh dan turun-temurun hingga kini," ungkapnya.


Dalam pada Itu, Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid menyampaikan, dengan diikatkan Sapuq (ikat kepala khas Lombok Utara) merupakan tandanya dirinya diterima sebagai warga masyarakat Lombok Utara atau Dayan Gunung. 


"Kegiatan ini menunjukkan komitmen bersama antara Pemerintah daerah bersama masyarakat  dalam upaya memajukan kebudayaan di daerah kita ini," ungkapnya. 


Menurutnya, adat dan budaya memiliki peran penting di tengah masyarakat terlebih di masa  krisis yang dihadapi saat ini akibat gempa dan pandemi. Kendati demikian, adat istiadat di masyarakat tetap utuh meskipun dengan banyak tantangan dari masa ke masa.


"Indonesia adalah negara dengan keanekaragaman hayati dan budaya yang terbanyak di dunia jika keduanya digabungkan maka  akan menghasilkan suatu matrik yang luar biasa yaitu Bio Curtural,"jelasnya.


Acara dilanjutkan dengan presentasi hasil diskusi multipihak revitalisasi dan transformasi pokok-pokok pikiran kebudayaan daerah dan strategi implementasi kemajuan kebudayaan Dayan Gunung. (sat)

Posting Komentar

0 Komentar