Breaking News

6/recent/ticker-posts

Kadin Indonesia Resmikan Desa Tangguh Wisata Tasola Lombok Utara | Suara Bumigora

Peresmian Desa Tangguh Wisata Tasola

Lombok Utara, suarabumigora.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meresmikan Desa Tangguh Wisata Kadin Indonesia, Tasola Beach Village, Tanak Song Lauk, Desa Jenggala, Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Peresmian dilakukan oleh Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P Roeslani, bersama Bupati Lombok Utara Djohan Sjamsu, dan pejabat Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, Sabtu (10/4/2021).


Peresmian tersebut merupakan tindaklanjut dari terselesaikannya  pembangunan Desa Tangguh Wisata Kadin Indonesia yang dilaksanakan sejak tahun 2019. Hal itu dilakukan sebagai bentuk nyata komitmen Kadin yang secara pro-aktif turut membangkitkan perekonomian masyarakat Lombok pasca bencana gempa.


“Kami menilai, Tanak Song Lauk sebagai wilayah yang memiliki potensi yang baik, terutama dari sektor pariwisata. Melihat potensi ini, kami mencanangkan pembangunan Desa Tangguh Wisata di sini,” ucap Rosan, usai acara peresmian.


Dia mengatakan, dari beberapa pertimbangan sebelumnya, Kadin mendapat gambaran yang positif pada Tanak Song Lauk. Selain karena posisi yang cukup strategis untuk pengembangan pariwisata, daerah ini memiliki aset kearifan lokal yang baik, seperti keramahtamahan dan semangat gotong royong warga yang tinggi untuk pengembangan daerah.


Saat ini, sarana dan berbagai fasilitas yang dibutuhkan telah dibangun untuk mendukung kemajuan pariwisata lokal. Bantuan Kadin peduli untuk korban gempa Lombok terbagi dalam tiga tahapan. Tahap I dan tahap II berupa pembangunan fasilitas umum dan sosial bagi masyarakat Lombok.


Bantuan tersebut meliputi pembangunan tiga mushola di Tanak Song Lauk, Medana dan Dara Kunci, tiga balai pertemuan di Selengan, Mendana dan Obel-obel, serta fasilitas Pondok Bersalin Desa (Polindes) di Teniga. Pembangunan tersebut telah diserahterimakan pada 14 April 2019.


Penandatanganan prasasti

Dia memaparkan, selain dibangun fasilitas umum dan sosial, bantuan tahap III diprioritaskan pada upaya Kadin untuk meningkatkan perekonomian penduduk korban gempa Lombok. Program ini difokuskan pada pencanangan Desa Tangguh Wisata Kadin Indonesia, Tasola Beach Village.


Pembangunan Desa Tangguh Wisata Kadin tersebut meliputi 28 bantuan rumah dan paviliun, 27 unit interior paviliun, infrastruktur saluran air, jalan lingkungan, pendopo, bangunan kantor, balai pertemuan, kandang sapi komunal, bangunan berugak, kamar mandi umum, plasa kesenian dan fasilitas jalan pedestrian.


“Tak hanya itu, kami pun memberikan pembekalan dan pelatihan untuk menunjang pariwisata lokal dengan meningkatkan kualitas SDM masyarakat, terutama dalam kaitannya dengan hospitality,” kata Rosan.


Pemilihan Tanak Song Lauk sebagai lokasi pengembangan Desa Tangguh Wisata didasari oleh keunggulan dan nilai-nilai yang dijalankan oleh warga setempat.


Kadin berkeyakinan, bahwa masyarakatlah yang justru memiliki peran signifikan dalam pengembangan desa melalui tumbuhnya rasa memiliki dan ikatan kekeluargaan yang kuat. Dengan nilai-nilai tersebut segala tantangan dan permasalah dapat diatasi dengan baik secara bersama-sama sehingga membawa kemajuan desa.


Kadin juga menyampaikan, apresiasi atas dukungan dari pemerintah pusat, daerah dan pemerintah desa yang terlibat dalam proses pembangunan dan pendampingan sehingga program pengembangan Desa Tangguh Wisata ini berjalan dengan lancar.


Kadin menjalin kolaborasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan yang memberikan bantuan berupa peralatan kuliner, lima unit berugak, program pelatihan dan pendampingan bagi warga setempat.


Pihaknya berharap Tasola akan terus berkembang dan mengajak semua pihak untuk terus berbenah dan berinovasi dengan kreatif sehingga perekonomian semakin makmur dan membawa kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.


“Saya bangga Tasola Beach Village juga telah dicanangkan sebagai Desa Wisata Bahari (Dewi Bahari) oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, semoga kedepannya desa ini dapat menjadi salah satu titik pertumbuhan perekonomian baru di Lombok,” pungkasnya.


Bupati Lombok Utara Djohan Sjamsu, mengapresiasi kepedulian Kadin Indonesia yang telah membantu pemulihan pariwisata Kabupaten Lombok Utara dengan cara membangun Desa Tangguh Wisata di daerahnya setelah gempa bumi.


“Mudahan dengan kehadiran Kadin memberikan dorongan semangat bagi masyarakat Kabupaten Lombok Utara, khususnya Dusun Tanak Song Lauk untuk lebih berbuat lagi,” ujarnya. (sat) 

Posting Komentar

0 Komentar