Breaking News

6/recent/ticker-posts

Plan Indonesia Sosialisasi Covid-19 Bagi Penyandang Disabilitas | Suara Bumigora

Kegiatan sosialisasi pencegahan Covid-19

Mataram, suarabumigora.com - Yayasan Plan Internasional Indonesia (Plan Indonesia) melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19 bagi komunitas penyandang disabilitas di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Sosialisasi didukung Transform dan Pemerintah Kota Mataram dan dilakukan di empat kelurahan di Mataram (11-12 Mei 2020). 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Lalu Wisnu Pradipta dari Lombok Disability Centre (LDC) organisasi penyandang disabilitas yang menjadi mitra Plan Indonesia dalam pelaksanaan Proyek WINNER (Women And Disability Inclusive And Nutrition Sensitive) di NTB.

Lalu Wisnu Pradipta mengatakan bahwa dampak pandemik Covid-19 sangat terasa bagi  kelompok penyandang disabilitas. Banyak di antara kelompok penyandang disabilitas tinggal di desa terpencil dan tidak memiliki pengetahuan tentang pandemi ini sehingga mereka tidak memahami cara pencegahannya.

“Saya mengapresiasi Plan Indonesia dan Transform dalam menjangkau kelompok marjinal pada kegiatan sosialisasi pencegahan Covid-19 ini sehingga mereka teredukasi dan turut mencegah penyebaran pandemik Covid-19," ujar Wisnu. 

Menurut Lurah Dasan Cermen, Henny Suyasih, dikutip dari situs  corona.ntbprov.go.id Saat ini teradapat 686 ODP, 259 PDP, orang selesai pemantauan berjumlah 643 orang dan pelaku perjalanan berisiko sebanyak 1621 orang. Salah satu cara pencegahan itu bisa kita terapkan lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat atau STBM yang sudah ada sebelum pandemik.

“Teman-teman penyandang disabilitas silakan menyampaikan kabar ini kepada teman-teman di luar sana terkait pencegahan COVID-19 melalui penerapan lima pilar STBM,” kata Henny. 

“Masyarakat sebisa mungkin harus tinggal di rumah kecuali ada kegiatan mendesak yang harus dilakukan di luar rumah seperti membeli makanan dan obat-obatan. Jika terpaksa harus keluar rumah, harus mau menjaga jarak pada saat bertemu muka dengan orang lain untuk menghindari penularan Covid-19," ujar Henny menghimbau.

Kegiatan sosialisasi pencegahan Covid-19
Pemerintah Kota Mataram merespons baik kegiatan bagi penyandang disabilitas yang dilakukan Plan Indonesia dan Transform. Kegiatan sosialisasi ini adalah agar penyandang disabilitas mengetahui tentang cara penyebaran, penularan, dan cara mencegah Covid-19.

Irfan Ariyanto, WINNER Provincial Coordinator Plan Indonesia mengatakan, pencegahan penularan Covid -19 dapat dilakukan dengan cara menerapkan STBM seperti Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). 

“Saat ini Plan Indonesia dan Konsepsi telah melaksanakan Sosialisasi Covid-19 di 36 Desa4 kelurahan di Kota Mataram dengan melibatkan unsur Tim STBM Puskesmas, TNI, dan Polri”, ujar Irfan.

Plan Indonesia melibatkan seluruh kalangan, termasuk kelompok penyandang disabilitas untuk program Pemerintah Indonesia mencegah penyebaran pandemik Covid-19 dengan memberikan penyuluhan kepada para penerima manfaat di berbagai wilayah kerja Plan. (kem)

Posting Komentar

0 Komentar