Breaking News

6/recent/ticker-posts

Guna Percepat Pembangunan RTG, Kumac Latih 120 Tukang | Suara Bumigora

Penyerahan perangkat keamanan kerja secara simbolis kepada peserta pelatihan pertukangan oleh Asisten I Pemda KLU, Kawit Sasmita
Lombok Utara, suarabumigora.com - Usai melakukan penandatanganan MoU dengan BUMDes sebagai suplier material Kumac (Kuat, Mudah, Cepat dan Aman), PT Kumac Platpac House, menindaklanjuti komitmennya dengan melatih para tukang. Sebanyak 120 orang tukang, diberikan keahlian untuk merakit rumah Kumac sebagai wujud langkah perusahaan melakukan percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi Rumah Tahan Gempa (RTG).

Pelatihan Kumac digelar Senin (18/11/2019) di Aula Kantor Dinas PUPR Kabupaten Lombok Utara (KLU). Para tukang dilatih oleh instruktur yang didatangkan dari Balai Jasa Konstruksi Surabaya. Usai dilatih, para tukang nantinya akan diberikan sertifikat tukang Kumac sebagai wujud jaminan kepada masyarakat yang akan dibangunkan.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas PUPR, M. Zaldy Rahardian, melalui Kepala Bidang Cipta Karya, Alfian Zubair, mengakui pelatihan tukang spesialisasi Kumac sangat bermanfaat. Tidak hanya bagi tukang itu sendiri, melainkan juga dampak percepatan rehab rekon RTG. Ia bahkan mendorong agar aplikator lain yang bergerak di RTG jenis Rika, Riko, Rika, Risba atau jenis lain, untuk meniru langkah Kumac. Sebab dengan pola itu, Pokmas tidak kesulitan mencari tukang dalam proses pembangunan RTGnya.

Direktur PT Kumac Platpac House, Hun Hanie saat diwawancara media
"Jadi kalau ada pelatihan seperti ini jelas alurnya, dan untuk RTG khusus Kumac itu bagaimana dia bisa jelas," kata Alfian.

Dinas PUPR lanjutnya, akan membuka diri terhadap inisiasi dan inovasi yang dilakukan aplikator. Dinas juga siap memfasilitasi lokasi pelatihan sebagaimana dilakukan kemarin.

Kesempatan yang sama, Direktur PT. Kumac Platpac House, Hun Hanie menyatakan pelatihan keahlian tukang RTG Kumac akan digelar selama 2 hari. Dalam perkembangannya pihak siap untuk melatih tukang berikutnya seiring dampak positif yang diperoleh para tukang.

Sedianya, jumlah tukang yang ditargetkan untuk dilatih Kumac sebanyak 100 orang. Namun antusiasme warga menjadi tukang Kumac cukup tinggi, sehingga yang hadir di pelatihan berjumlah 120 orang.
Foto bersama usai pembukaan pelatihan pertukangan
"Jadi antusias masyarakat terhadap persolan pertukangan ini sangat bagus manyambut teknologi Kumac ini. Pembangunan nya pun cepat,  4orang tukang bisa selesaikan pekerjaan 1 rumah -+ 5hari, Dan pelatihan ini adalah tahap pertama yang kita lakukan, dan seterusnya kita tetap lakukan. Memang tujuannya bagaimana mewujudkan pembangunan RTG dengan cepat," paparnya.

Hanie menambahkan, Kumac merupakan produk terbaru material pembuatan konstruksi bangunan. Bahan Kumac ini ramah lingkungan, anti air, bahan nya tidak mudah terbakar, dan juga  anti rayap, karat bahkan jamur. Respon Pokmas dalam membangun rumah Kumac ia sambut positif. Sebaliknya, Kumac pun tidak ragu memudahkan akses pembelian material Kumac dengan manggandeng BUMDes di 28 Desa.

Kumac bahkan terus berinovasi meningkatkan kualitas secara terus menerus, misalnya dengan membuat Kumac semen. Inovasi ini berkembang dari material sebelumnya (fiber). 

"Anggaran untuk dinding RTG ini 'kan Rp 10 juta, jadi kalau mereka pakai bahan Kumac yang pakai semen ini, mereka cukup membayar Rp 8,5 juta," pungkasnya meyakinkan adanya efisiensi. (sat) 

Posting Komentar

0 Komentar