Breaking News

6/recent/ticker-posts

Disdukcapil Lobar Gelar Outbound, Wujudkan Semangat Kekeluargaan | Suara Bumigora

Kegiatan Outbound yang diselenggarakan Dinas Dukcapil Lombok Barat. 
Lombok Barat, suarabumigora.com - Bertempat di Bumi Perkemahan Khasri, Sesaot, Narmada, sebanyak 130 orang aparatur Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Lombok Barat menyelenggarakan kegiatan outbound

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh 30 orang operator kependudukan kecamatan dan 133 orang Aparatur Sipil Negara dari Dinas Dukcapil Kabupaten/ Kota se-Provinsi Nusa Tenggara Barat.  Kegiatan ini dihadiri juga oleh Direktur Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrullah, Kepala PMD Dukcapil Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan diorganisir oleh Team Omy Lombok.

Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid, yang hadir saat membuka kegiatan mengklaim bahwa outbound tersebut adalah kali pertama untuk para pegawai Dinas Dukcapil se-Provinsi Nusa Tenggara Barat.

“Saya yakin ini yang pertama,” tegas Fauzan Khalid sambil meminta kegiatan ini bisa dilanjutkan dan difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi jika ditujukan untuk seluruh Dinas Dukcapil se-Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kepala Dinas Dukcapil Lombok Barat, H. Muridun
Kegiatan ini, aku Fauzan, adalah replikasi dari kegiatan outbound yang pernah dilakukan sebelumnya oleh Dinas Kesehatan yang mengumpulkan ribuan kader Posyandu dan tenaga kesehatan lainnya serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang melibatkan para Kepala Sekolah. Kegiatan dari Perangkat daerah yang dimaksud diselenggarakan secara rutin setiap tahun.

Menurut Fauzan, kegiatan outbound ini ditujukan untuk meningkatkan motivasi kerja kepada seluruh aparatur Dinas Dukcapil agar bisa memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat sehingga dirinya mendorong agar kegiatan serupa bisa tetap diselenggarakan di tahun-tahun mendatang.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Dukcapil Lombok Barat, Muridun, bahwa kegiatan outbound ini sedianya hanya berlaku internal di kalangan dinasnya, namun karena dianggap penting oleh Kabupaten/ Kota lainnya, maka mereka kemudian mengikuti kegiatan tersebut.

“Itu mengapa peserta outbound ini menjadi banyak. Apalagi dengan kehadiran pak Dirjen, maka semangat teman-teman Kabupaten/ Kota lain untuk ikut kegiatan ini semakin tinggi,” aku Muridun.
Euforia peserta Outbound
Menurutnya, tujuan darin penyelenggaraan outbound ini, tidak hanya menjadi ajang membangun kerja sama dan semangat kekeluargaan, namun juga mampu melahirkan semangat kebersamaan dalam mencari jalan keluar dari permasalahan kerja.

Direktur Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam negeri, Zudan Arif Fakrullah, saat memberikan sambutan mengaku senang bisa mengikuti kegiatan tersebut. 

“Saya baru pertama kali diundang untuk menghadiri kegiatan outbound untuk yang se-Provinsi. Ini kegiatan yang sangat bermanfaat karena kegiatan ini penuh dengan semangat empati,” papar Zudan.

Di samping mengapresiasi keterlibatan banyak aparatur, Zudan beranggapan bahwa kegiatan ini memiliki manfaat yang relevan dalam iklim kerja di Dukcapil.

“Dalam outbound ini, kita bisa melatih para aparatur kita tidak hanya bekerja untuk pengabdian dan mendorong kemanfaatan yang sebesar-besarnya buat masyarakat, namun juga bisa menghadirkan semangat solutif, yaitu melayani dan memberikan jalan keluar dari masalah,” terang Zudan berjanji untuk mengikuti kegiatan outbound di malam harinya nanti.

Kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan oleh Dinas Dukcapil Lombok Barat, diikuti juga oleh perwakilan dari pegawai Dinas Dukcapil 9 Kabupaten/ Kota se-Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

Dalam kegiatannya, outbound ini tidak hanya akan diisi oleh berbagai kegiatan permainan pembelajaran (ice breaking) untuk memupuk semangat kerja sama, namun juga diisi oleh berbagai materi yang menunjang. 

Materi-materi tersebut adalah Materi Digitalisasi dari Kemendagri, Pelayanan Tanpa Narkoba dari Badan Narkotika Nasional, dan Pelayanan Saling Berterima dari Sekolah Perjumpaan yang isinya adalah pembentukan kepribadian yang menyenangkan dalam memberikan pelayanan ke masyarakat. (sat) 

Posting Komentar

0 Komentar