Breaking News

6/recent/ticker-posts

Nambung, Dua Eksotisme dalam Satu Hidangan Wisata | Suara Bumigora


Indah, Wisatawan asal Palembang, sedang berpose di depan Air terjun asin Pantai Nambung
Lombok Barat, Suara Bumigora - Kali ini Tim Ekspedisi Wisata Suara Bumigora mengeksplorasi keindahan tersembunyi di ujung barat laut pulau Lombok. Pantai Nambung namanya.  Pantai yang menyajikan panorama tepian pantai dan siraman unik air terjun asin, yang memikat rasa. 

Kali ini Tim ditemani oleh wisatawan asal Kota Raja, Palembang, Sumatera Selatan, yang penasaran akan keindahan dua sisi pantai Nambung, bak dua sisi mata koin yang tak terpisahkan. 
Lanscape, Pantai Nambung, Sekotong, Lombok Barat
Tim memulai ekspedisi dengan memacu kuda mesin bermerek jepang dari kota Mataram, perjalanan ditempuh kurang lebih selama dua jam dari Ibukota Provinsi NTB tersebut. Tujuannya adalah Desa Nambung, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, Lokasi pantai Nambung berada (18/5/2019).
Indah, Sedang mengambil gambar gestur bebatuan purba pantai Nambung
Pukul 14.00 Wita, Tim memulai perjalanan, melintasi kepadatan kota dan menembus kelok-kelok landai hutan Gerepek, Lembar. Tim sampai di tujuan kira-kira pukul 16.00 Wita.  Lelah dan panas tak terhindarkan sebagai bagian wajib dalam perjalanan yang lumayan jauh. 

Lelah dan panas tersebut akhirnya terbayar, begitu kaki melangkah menuju pantai, pasca Tim memarkir kendaraan di salah satu rumah warga. Bagaimana tidak? hamparan laut cantik berpasir putih menghiasi panorama sepanjang mata memandang. Kehijauan perbukitan dan pulau-pulau kecil di tengah lautan menambah indah perpektif mata, Aktivitas petani rumput laut dan para nelayan juga memiliki eksotika tersendiri dalam perjalanan ini. 

Menikmati senja di pantai Nambung
Tak habis sampai di sana, perjalanan menuju air terjun asin Nambung, juga menyajikan rasa khas yang unik, hamparan batu karang tua, lautan yang sedikit menyurut dan panorama hijau batu-batu yang ditumbuhi lumut, tak luput dari objek jepret kamera kami. 

Geografis Nambung, yang langsung berhadapan dengan samudera atau laut lepas, mengakibatkan angin yang berhembus di daerah tersebut cukup kencang, tak heran busana-busana kami melambai, bak model di atas karpet merah. Kencangnya angin tersebutlah yang mengakibatkan terbentuknya air terjun pada salah satu sisi tebing batu tinggi di kaki bukit tersebut. Ombak yang tertampung tak memiliki aliran sehingga angin besar menghempaskan air melampaui tebing penampung, sehingga terciptalah air terjun yang pasang surut debit airnya. 
Satria, Tim Ekspedisi Wisata Suara Bumigora, sedang berpose menikmati deburan ombak pantai Nambung
Tak ketinggalan, panorama senja juga mengambil bagian keunikan yg epik di pantai indah ini, hal ini menjadi alasan bagi tim untuk berlama-lama menikmati karunia Tuhan tersebut. 

Indah, Wisatawan asal Palembang ini mengaku belum pernah menyaksikan hal ini sebelumnya, "ini hanya ada di Lombok barang kali" tuturnya. Meski di Jawa Tengah ada air terjun yang berada di bibir pantai, namun airnya berasal dari sungai tawar di atasnya. "Untuk air terjun asin, ini satu-satunya yang pernah saya saksikan" tambahnya.

Menurut beberapa petani rumput laut di Nambung, banyak wisatawan dari dalam negeri dan berbagai negara berkunjung ke Nambung, mereka juga menjelaskan beberapa stasiun TV swasta juga pernah meliput program di Nambung. (sat) 

Posting Komentar

0 Komentar