Breaking News

6/recent/ticker-posts

Bupati Lombok Utara, Panen Raya Jagung di Bayan | Suara Bumigora


Bupati Lombok Utara, Najmul Akhyar, panen raya jagung di Desa Akar-akar, Bayan. 
Lombok Utara, Suara Bumigora - Bupati Lombok Utara  Najmul Akhyar, melakukan panen raya jagung Kelompok Tani Pade Mele di Dusun Otak Kendang Desa Akar-akar, Bayan (3/5).

Turut pula mendampingi bupati, Wakil Bupati Lombok Utara Sarifudin, Camat Bayan Intiha, Para Kepala OPD lingkup Pemda KLU, beserta Para Petani setempat.

Najmul menjelaskan, Lombok Utara memiliki potensi pertanian yang bagus sehingga menjadi konsen pemerintah daerah mengembangkan sektor pertanian dan perkebunan dalam arti luas.

Najmul, memberikan sambutan dalam pembukaan acara panen raya jagung di Akar-akar, Bayan. 
"Salah satu yang kita kembangkan dan terus-menerus kita berdayakan adalah jagung. Mengapa jagung, karena memang lahan kita cocok untuk pengembangan jagung. Tinggal bagaimna Kepala Dinas Pertanian memikirkan, bagaimna meningkatkan produktivitasnya," jelas Najmul.

Lanjutnya, pengembangan produktivitas bisa dari sisi kuantitas panen atau intensitas durasi kali panen. Kalau selama ini dua kali, bagaimna bisa jadi tiga kali panen.

Peresmian secara simbolis, Proyek-proyek yang telah terlaksana 2018 lalu, 
"Saya dan wakil bupati konsentrasi dalam hal ini. Jadi kami berdua mengikhtiarkan. Salah satu agenda utama usulan kita di Musrenbang Provinsi saat itu, pembangunan bendungan yang ada di Lokok Sereak Kecamatan Bayan. Potensinya besar, bisa mengairi sembilan desa termasuk di tempat ini," imbuhnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Nanang Matalata dalam paparannya dihadapan Bupati dan petani yang hadir saat itu, menyatakan panen raya jagung di Desa Akar-akar ini dengan kelompok tani pada musim tanam iklim hujan dengan luas area hampir 4500 hektar.

"Produksinya berkisar sampai 15 ton, melampui target yang ingin dicapai. Kalau dirata-ratakan, hampir 12 ton/ha. Dengan luas area hampir 4300 ha, saat musim hujan ini, produksi jagung kita hampir 51 ribu ton," urai Nanang. 

Penyerahan bantuan berupa alat pertanian dan bibit tanaman, oleh Bupati KLU, kepada perwakilan kelompok tani Desa Akar-akar. 
Ditambahkannya, diharapkan akhir tahun 2019, produksi jagung mencapai 70 ribu ton. Dibandingkan dengan tahun 2018, panen jagung tahun ini lebih meningkat. Menunjukan bahwa petani jagung serius dan semangat untuk menanam jagung.

"Untuk memacu keberhasilan kita aspek pertanian, maka kita harus membangun sarana sumur bor. Melihat semangat Para Petani Jagung pascagempa bumi, sungguh antusias," jelasnya mengakhiri paparan.

Acara dilanjutkan dengan panen raya jagung oleh bupati, peresmian secara simbolis proyek-proyek 2018 dan penyerahan bantuan peralatan serta bibit kepada kelompok tani. (mic) 

Posting Komentar

0 Komentar