Breaking News

6/recent/ticker-posts

Bupati KLU Gelar Rakor Percepatan Rehab Rekon | Suara Bumigora


Suasana Rakor Percepatan Rehab Rekon
Lombok Utara, Suara Bumigora - Dalam upaya meningkatkan percepatan pembangunan rumah warga pasca gempa, Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar, bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) Kabupaten Lombok Utara menggelar Rapat Koordinasi Percepatan Rehabilitasi dan Rekonstruksi di Lesehan Sasak Narmada Tanjung, Jum'at (12/4/2019).

Rakor percepatan rehab rekon tersebut di pimpin langsung oleh Najmul Akhyar, dengan melibatkan seluruh elemen terkait diantaranya Kepala BPBD NTB Mohammad Rum, Kalak BPBD Lombok Utara Muhadi, Kapolsek Sekabupaten Lombok Utara, Camat Sekabupaten Lombok Utara, Danramil, PUPR, Tim Pendamping dan Pihak Bank BRI.

Dalam penyampaiannya, Najmul menyebutkansedikit langkah-langkah yang akan dilakukan, diantaranya mengadopsi pola-pola sukses yang sudah dilakukan kabupaten lain seperti Lombok Timur dan Lombok Barat yaitu dengan memberikan ruang kepada masyarakat untuk membangun rumah secara mandiri, membentuk tim khusus yang bertugas untuk memverifikasi rumah warga yang sudah terbangun secara mandiri, dan menerapkan diskresi yang diberikan Kepala BPBD Provinsi NTB dan segera mencairkan dana yang masuk kerekening masyarakat dengan kategori rusak sedang dan ringan.


Najmul menjelaskan pola membangun rumah secara mandiri tersebut sangat membantu dalam percepatan rehab rekon, karena masyarakat diberikan kebebasan untuk membangun sendiri rumahnya dengan tetap memperhatikan standar Rumah Tahan Gempa (RTG).

Rumah yang sudah terbangun dengan dana sendiri, kemudian di verifikasi oleh tim khusus yang nantinya akan dibentuk oleh BPBD Kabupaten untuk melihat kelayakan apakah memenuhi standar RTG atau tidak, setelah itu tim verifikasi akan menentukan nilai yang harus diganti berdasarkan kategori kerusakan dengan menunjukkan bukti-bukti transaksi yang sudah dikeluarkan untuk pembangunan rumah warga tersebut.

"Saya banyangkan pak, kalau kita bisa melakukan ini, maka akan banyak sekali masyarakat yang membangun sendiri rumahnya" tutur Bupati. (sat) 

Posting Komentar

0 Komentar