Breaking News

6/recent/ticker-posts

Optimalisasi SPAM ITDP Senaru Dimulai, Penyelenggara Sosialisasi ke Masyarakat Bayan | Suara Bumigora

Sosialisasi pembangunan proyek Optimalisasi SPAM ITDP Senaru

Lombok Utara, suarabumigora.com - Pembangunan proyek Optimalisasi SPAM ITDP Senaru akan mulai dikerjakan beberapa hari ke depan. Pasalnya, kontrak pekerjaan telah dimulai dari 18 Oktober 2022 lalu. BPPW bersama Dinas PUPR KLU, Perumda Air Minum Amerta Dayan Gunung (PDAM KLU) serta PT Tirta Sarana Multi Teknologi terjun memberikan sosialisasi kepada masyarakat Bayan terkait pembangunan proyek Optimalisasi SPAM ITDP Senaru, sosialisasi tersebut berlangsung di Kantor Camat Bayan, Jumat (28/10/2022). Selain dihadiri masyarakat, sosialisasi pra pembangunan proyek ini dihadiri pihak Kejaksaan Tinggi NTB, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan Bupati Lombok Utara, dan Pembangunan, Dinas PUPR KLU, Camat Bayan, dan perwakilan semua desa se-Kecamatan Bayan. 


Pihak BPPW menyebutkan, sosialisasi ini digelar sebagai bentuk permisi kepada masyarakat. Sekaligus agar pembangunan proyek ini juga diketahui dan didukung oleh masyarakat setempat. Sehingga tidak menimbulkan konflik sosial di kemudian hari. 


"Kami melakukan sosialisasi memberikan gambaran secara umum mau pun secara teknis, agar masyarakat Bayan dapat membantu kami menyelasaikan ini semua," ujar Kepala Seksi Pelaksanaan Wilayah I BPPW Andria Hidayati. 


Disampaikannya, pengerjaan proyek ini akan dilangsungkan hingga Juli 2023 mendatang. Segala bentuk perizinannya juga sudah ditunaikan. Oleh sebab itu, pihaknya turun melakukan sosialisasi untuk menghormati masyarakat lingkar proyek. 


"Semua perizinan telah diselesaikan, nanti akan dikerjakan hingga pertengahan tahun depan. Ini kita lakukan sosialisasi untuk betabeq (permisi: Sasak), kira-kira begitu," urai Andria. 


Selain itu, sosialisasi ini dimaksudkan sebagai sosialisasi pembuka, karena akan ada sosialisasi lanjutan yang lebih intensif langsung kepada masyarakat setempat atau masing-masing desa. 


Tim dari Kejaksaan Tinggi NTB memberikan arahan

Sementara itu,  mewakili Pemda KLU Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Simparudin dan Camat Bayan meminta agar masyarakat setempat dapat diakomodir untuk terlibat bekerja dalam proyek tersebut. Namun, Simparudin menyatakan, masyarakat yang nantinya akan dilibatkan juga tidak sembarangan. 


"Kami berharap masyarakat juga dilibatkan, tapi bagi masyarakat yang ingin dilibatkan juga harus punya keahlian. Agar keterlibatan mereka dapat membantu pekerjaan selesai tepat waktu," ungkapnya. 


"Perlu kiranya masyarakat dilibatkan juga guna mengantisipasi terjadinya konflik sosial bukan hanya problem teknis saja," tambahnya. 


Menjawab itu, Direksi Teknis pembangunan proyek Optimalisasi SPAM ITDP Senaru Ramzi menyatakan, nantinya pihaknya juga akan meminta pelaksana melibatkan masyarakat namun yang memiliki skil pekerjaan secara umum, dikarenakan untuk spesifikasi keahlian mereka telah memiliki tim yang sudah ekspert


"Nanti akan kita libatkan masyarakat, namun juga dengan kemampuan umum pada proyek. Untuk tenaga ahli sendiri kami sudah punya tim yang memadai," jelas Ramzi. 


Ramzi menyebutkan, ada lima desa di Kecamatan Bayan yang akan mendapatkan manfaat dari pembangunan proyek Optimalisasi SPAM ITDP Senaru, yaitu desa Anyar, Bayan, Karang Bajo, Loloan, dan Senaru. 


Suasana peserta saat sosialisasi

"Dari program ini nantinya akan ada penambah debet air sekitar 20 liter perdetik dari sumber Lokoq Peloq," paparnya. 


Pada kesempatan yang sama Dirut Perumda Air Minum Amerta Dayan Gunung Firmansyah menyebutkan, program ini nantinya akan berimplikasi memperluas cakupan pelayanan PDAM KLU. Awalnya eksisting di Kecamatan Bayan hanya 31,78 persen atau 4.172 sambungan rumah. Namun dari program ini ditargetkan sambungan rumah akan mencapai 6.714 atau 60,23 persen. Artinya ada penambahan luas pelayanan sejumlah 2.542 sambungan rumah. 


"Kita targetkan dari 4.172 menjadi 6.714, penambahannya sejumlah 2.542 sambungan baru. Artinya ada 26.856 jiwa yang akan mendapatkan manfaat program ini ke depannya," jelas Firman. 


Menurutnya, persoalan air di Bayan, muncul dari jaringan lama yang kondisinya sudah tidak baik, kemudian berkurangnya sumber-sumber mata air. Terlebih, pasca gempa 2018 banyak sumber yang mengering atau tertimbun. Oleh karena itu, ia berharap dengan terbangunnya program Optimalisasi SPAM ITDP Senaru ini pelayanan PDAM kepada masyarakat tidak lagi terhambat. 


"Ini merupakan proyek optimalisasi, jaringan yang sudah ada disegarkan kembali dan ada penambahan, jadi ini solusi yang tepat untuk persoalan air di Bayan," jelasnya. 


Sementara itu, ditemui usai sosialisasi, Pimpinan PT Tirta Sarana Multi Teknologi Edi Setiono mengungkapkan pihaknya optimis pekerjaan Optimalisasi SPAM ITDP Senaru dapat diselesaikan pihaknya sesuai jadwal pada kontrak. Namun, menurutnya kelancaran tersebut juga tergantung pada penerimaan masyarakat, sehingga tidak ada konflik sosial yang menjadi penghambat pekerjaan. 


"Kami optimis, semua akan selesai tepat waktu, tapi tentu saja dengan dukungan dan penerimaan masyarakat sekitar. Karena jika ada konflik sosial, itu berpotensi memperlambat. Saya harap masyarakat menerima kami," jelas Edi. 


Rencananya, Edi dan pihaknya akan tetap melakukan sosialisasi dan pendekatan  kepada masyarakat sambil berjalan mengerjakan pembangunan tersebut. (sat)

Posting Komentar

0 Komentar