Breaking News

6/recent/ticker-posts

Bupati Djohan Potong Tumpeng HUT Desa Samba Ke-22 | Suara Bumigora

Kepala Desa Samba, Sajudin (kiri) diberikan potongan pertama tumpeng oleh Bupati Lombok Utara Djohan Sjamsu (kanan)

Lombok Utara, suarabumigora.com - Akhirnya, perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22 Desa Sambik Bangkol (Samba), Kecamatan Gangga, tiba pada puncaknya hari ini, Rabu (22/6/2022). HUT Desa samba kali ini disajikan berbeda, dengan dihelatnya berbagai lomba dan kegiatan sebagai rangkaian menuju puncak peringatannya. Pada perayaan HUT di halaman kantor Desa Samba tersebut, hadir Bupati Lombok Utara Djohan Sjamsu, Anggota DPRD KLU Fraksi PKB Putrawadi, Ketua TP-PKK Kabupaten Lombok Utara (KLU) Galuh Nurdiyah Djohan Sjamsu, Camat Gangga, Danramil Gangga, Kapolsek Gangga, Kepala Puskesmas Gangga, para kepala desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta undangan lainnya. 


Dalam sambutannya, Bupati Lombok Utara, Djohan Sjamsu, merasa bangga dengan perayaan HUT yang dilaksanakan Pemdes Samba. Menurutnya, kegiatan peringatan momentum kelahiran desa adalah hal yang krusial untuk diperingati, lantaran dapat memacu motivasi pemuda agar lebih maju.

 

Djohan Sjamsu (tengah) memotong tumpeng HUT ke-22 Desa Samba

"Penting memperingati hari lahir desa kita, karena dapat menjadi titik evaluasi dan memotivasi. Jika ingin desa ini maju maka pemudanya harus maju. Momen ini penting memacu semangat para pemuda," ujar Djohan. 


Djohan berharap, ke depan Desa Samba dapat menjadi desa yang lebih baik dan tetap berpacu dalam inovasi dan membangun. Selain itu, Djohan juga bercerita terkait sejarah berdirinya KLU dan HUT KLU yang akan diperingati tepat satu bulan lagi (21/7/2022). 


"Kita berharap yang terbaik, Desa Samba semakin maju dan mampu berinovasi berjalan di atas tantangan zaman," ujar Djohan sembari bercerita. 


Pemberian trofi juara lomba Futsal

Usai memberikan sambutan, Bupati Lombok Utara itu didampingi Ketua TP-PKK, Kepala Desa Samba, Camat Gangga, Kapolsek Gangga, serta Danramil Gangga, memotong hidangan tumpeng simbol ulang tahun Samba. 


Sebelumnya, Kepala Desa Samba, Sajudin, dalam sambutannya menceritakan sejarah singkat berdirinya Desa Samba dimulai dari langkah kecil beberapa tokoh yang salah satunya adalah almarhum ayahnya sendiri. Ia menyatakan, sejarah desa yang dipimpinnya itu sebagai renungan, perjuangan dari para tokoh terdahulu. 


"Desa ini berdiri 22 tahun lalu, dimulai dari langkah perjuangan para tokoh-tokoh pendahulu kita, inilah renungan bagi kita, agar menghargai jasa para pejuang pemekaran desa kita," jelas Sajudin. 


Pemberian penghargaan kepada para tokoh yang berjasa

Pada momentum sakral itu, Sajudin berpesan kepada para pemuda agar semangat dalam berkarya, karena masa depan desa tergantung pada generasi mudanya. Terutama di era digital yang bebas, pemuda dapat melakukan upaya lebih, namun ada pula resiko-resiko yang perlu diwaspadai. 


"Semangat pemuda itu yang kita inginkan, masa depan desa ada pada mereka, di era teknologi ini pemuda bisa semakin kreatif, namun perlu bijak menggunakan teknologi," papar Sajudin. 


Puncak peringatan HUT ke-22 Desa Samba ini dimeriahkan oleh berbagai penampilan di atas panggung, seperti Syarhil Qur'an dari para santri pondok pesantren setempat, hingga live musik dari para seniman musik dan penyanyi. 


Pemberian hadiah lomba

Sebelumnya, ada berbagai kegiatan seperti Pawai Kirab Pataka mengelilingi desa, kemudian berbagai lomba telah dilaksanakan seperti lomba Futsal, lomba Posyandu Antar Dusun, lomba Balapan Sampan (perahu nelayan: Sasak), lomba Dusun Terbaik, lomba Video Ucapan HUT Desa Samba, dan lomba Jalan Sehat sebagai rangkaian HUT desa itu. 


Hadiah untuk semua mata lomba dibagikan pada acara puncak ini, para pemenang terlihat antusias menerima hadiah dan trofi yang diraihnya. Mereka berharap, perlombaan semacam ini dapat diagendakan kembali pada tahun depan. 


Tak kalah penting, pada hari puncak tersebut juga diberikan penghargaan kepada para tokoh yang berjasa terhadap kelahiran Desa Samba. Penghargaan, juga diberikan kepada para penjabat kepala desa yang pernah menakhodai Desa Samba. 


Ajang keramaian tersebut, tak lupa dijadikan pula sebagai media pameran untuk produk UMKM Desa Samba, seperti berbagai produk Kopi Samba. 


Dengan suksesnya kegiatan ini terlaksana, Sajudin berterima kasih kepada semua unsur yang telah membantu hingga acara selesai. Ia berharap peringatan HUT Desa Samba kali ini, dapat menjadi motor penggerak agar HUT selanjutnya lebih baik dan lebih meriah dari HUT saat ini.

 

"Terima kasih mendalam untuk semua pihak yang turut mensukseskan acara kami, ini perasaan lega. Semoga tahun depan bisa lebih baik dari ini," tutup Sajudin. (sat)

Posting Komentar

0 Komentar