Breaking News

6/recent/ticker-posts

1 Ramadhan 1442 H Jatuh pada 13 April 2021 | Suara Bumigora

Kalender Masehi Bulan April 2021

Jakarta, suarabumigora.com - Kementerian Agama (Kemenag) RI telah mengumumkan bahwa hari pertama atau Tanggal 1 Bulan Ramadhan jatuh pada Hari Selasa 13 April 2021 besok. Hal ini merupakan hasil keputusan dari sidang Isbat Penentuan 1 Ramadhan yang dilakukan Kemenag RI petang ini, Senin (12/4/2021). Demikian disampaikan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, saat jumpa pers usai sidang isbat tersebut. 


Menurut Yaqut, Kemenag melalui Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag di masing-masing daerah telah melakukan rukyatul hilal di 86 titik di seluruh Indonesia. Pada saat sidang isbat petang ini, 13 orang yang telah diambil sumpahnya bersaksi telah melihat hilal. Sehingga keputusan sidang menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada Selasa 13 April 2021.


"13 orang yang kita ambil sumpahnya telah bersaksi melihat hilal, sehingga dapat dipastikan 1 Ramadhan jatuh besok (13/4/2021)," papar Yaqut. 


Ia juga menegaskan, sidang isbat ini berlangsung dengan sangat lancar tanpa adanya perbedaan pendapat, sehingga penetapan 1 Ramadhan dapat dilakukan dengan lancar. 


Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdullah Zaidi, dalam jumpa pers tersebut mengimbau masyarakat Indonesia agar menjalankan ibadah Ramadhan dengan tetap menggunakan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. 


"Malam ini masyarakat sudah bisa melaksanakan ibadah salat Tarawih, tetapi tetap dengan menerapkan protokol kesehatan," jelas Zaidi. 


Ia menambahkan, kegiatan salat berjemaah termasuk salat Tarawih hanya diperbolehkan untuk daerah-daerah dengan kategori penyebaran Covid-19 zona hijau dan kuning, sementara untuk daerah dengan zona merah dan orange belum diperbolehkan. 


Ia juga menyatakan, proses vaksinasi di Bulan Ramadhan diperbolehkan dan tidak membatalkan puasa. Namun yang perlu diperhtikan adalah kondisi kesehatan orang yang divaksin sehingga tidak menimbulkan masalah. 


"Vaksinasi di Bulan Ramadhan boleh, tidak membatalkan puasa, namun yang perlu diperhatikan adalah kondisi kesehatan orang yang divaksin, supaya tidak menjadi masalah," ujarnya. 


Sementara itu, Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto, mengimbau masyarakat agar menjalani ibadah Ramadhan dengan tenang dan khusyuk. Tidak perlu melakukan hal-hal yang dapat menciderai hikmah Ramadhan. 


"Mari kepada saudara-saudari semua, kita jalankan ibadah Ramadhan kita dengan khusyuk dan tenang, jangan sampai kita melalukan hal-hal yang dapat menciderai hikmah Ramadhan," jelas Yandri. (sat) 

Posting Komentar

0 Komentar