Breaking News

6/recent/ticker-posts

Gempa 4,6 Magnitudo Guncang NTB | Suara Bumigora

Statistik Gempa (Sumber BMKG) 


Mataram, suarabumigora.com - Gempa bumi dengan kekuatan 4,6 magnitudo mengguncang Bima Nusa Tenggara Barat (NTB), menururt BMKG gempa tersebut terjadi hari ini, Sabtu (20/3/2021) pukul 00.33.17 WITA. Diinformasikan BMKG melalui stasiun Geofisika Matatam, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.



Lebih jauh, Kepala Stasiun Geofisika Mataram Ardhianto Septiadhi dalam laporannya menjelaskan episenter gempa terletak pada koordinat 7,83 LS dan 118,78 BT atau tepatnya terjadi di laut, berjarak 68 km Timur Laut Bima-NTB, pada kedalaman 26 km.d Gempa dirasakan dengan kekuatan getaran III MMI di Bima dan Dompu. Sementara II-III MMI dirasakan di Sumbawa Besar.



"Gempa tersebut terjadi pada pukul 00.33.17 Wita dini hari tadi, gempa ini tidak berpotensi tsunami. Guncangan tektonik ini dirasakan hingga Bima, Dompu, dan Sumbawa Besar," papar Ardhianto dalam laporannya. 



Ardhianto melanjutkan jika dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif.



Pihak BMKG menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu atau berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (cnk) 

Posting Komentar

0 Komentar