Breaking News

6/recent/ticker-posts

AKAD Antusias Ambulans Desa Bakal Dihibahkan jadi Inventaris Desa | Suara Bumigora

Salah satu warga yang memanfaatkan ambulans desa (Gambar : desasokong.id)

Lombok Utara, suarabumigora.com - Pemerintah Kabupaten Lombok Utara berencana menghibahkan ambulans desa kepada pihak desa agar menjadi inventaris dan dapat dikelola secara penuh oleh pemerintah desa. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan KLU dr. Lalu Bahruddin dan disambut antusias oleh Ketua Asosiasi Kepala Desa se-KLU (AKAD) Budiawan. 


Bahruddin menyebutkan, penghibahan tersebut hanya tinggal menunggu SOP rampung. Ia menceritakan, pihak Dikes dan bagian Aset Daerah KLU sedang menyusun dan merampungkan SOP tersebut sehingga ambulans desa dapat segera dihibahkan ke pemerintah desa setempat. 


"Tinggal menunggu SOP rampung, kami dan pihak Aset sedang merampungkan itu, agar segera dapat dihibahkan ke pihak desa," ujar Bahruddin. 


Ia menyebutkan, dari 33 desa hanya ada satu desa yang belum memiliki ambulans desa, yaitu Desa Gili Indah. Pasalnya mode transportasi di kawasan gili tidak memungkinkan untuk memanfaatkan mobil ambulans. Sementara untuk 10 desa pemekaran telah diajukan usulan pengadaan ambulans namun hingga saat ini belum bisa dipastikan. 


"Semua desa sudah ada ambulansnya hanya Gili Indah yang tidak punya karena tidak bisa pakai mobil di sana. Untuk 10 desa baru sudah kami ajukan namun belum ada kepastian," tambahnya. 


Sementara itu, Ketua AKAD KLU Budiawan mengaku antusias terhadap rencana penghibahan ambulans desa tersebut. Pasalnya pihak desa merasa lebih dipermudah untuk mengelola ambulans tersebut termasuk untuk pembiayaan operasionalnya. 


"Kami sangat menunggu hal itu, karena kalau sudah jadi aset desa gampang kita kelola dan dapat kita anggarkan dengan mudah untuk operasionalnya, gaji sopir dan lainnya," papar Budiawan, saat dikonfirmasi media, Senin (23/11/2020). 


Budiawan pun menyatakan, dampak yang dirasakan dengan adanya ambulans desa ini sangat besar, karena termasuk pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat di sektor kesehatan. 


"Ambulans ini sangat besar manfaatnya untuk warga kami, terutama bagi desa-desa yang jauh dari akses fasilitas kesehatan. Adanya ambulans ini dapat mempermudah kami," tutupnya. (sat) 

Posting Komentar

0 Komentar