Breaking News

6/recent/ticker-posts

Guna Akselerasi Pembangunan Daerah, Pemda KLU Gelar Musrenbang Multi Cluster | Suara Bumigora

Najmul Akhyar, menabuh gong tanda pembukaan Musrenbang
Lombok Utara, suarabumigora.com - Guna mempercepat pembangunan daerah, Pemerintah Kabupaten Lombok Utara menggelar musrenbang multi cluster (Musrenbang Perempuan, Anak, Pelajar, Pemuda, Mahasiswa, Lansia, dan Disabilitas) bertajuk "Tak Seorang pun Ditinggalkan dalam Pembangunan", yang diselenggarakan di kawasan wisata Malaka, Pemenang, Kamis (12/3/2020). 

Dalam laporannya, Sekertaris Bappeda KLU, Yuni Kurniati Maesarah menjelaskan, musrenbang ini digelar dengan tujuan mengakselarasi pembangunan daerah yang berbasis multi perspektif, dari perspektif gender, anak-anak, pemuda, pelajar, mahasiswa, lansia, bahkan disabilitas. Menurutnya, dalam pidato tersebut, kepentingan berbagai unsur ini, seperti wanita, anak-anak, lansia dan disabilitas jarang tersentuh dan kerap luput dari perhatian padahal unsur-unsur ini merupakan unsur vital dalam kemajuan pembangunan daerah. 

"Hal ini merupakan wadah kita untuk merangkum dan mengakomodir segala unsur yang vital bagi pembangunan daerah, misalnya saja peran perempuan dalam berbagai aspek," ujar Yuni. 

Mewakili Bappeda KLU sebagai tuan rumah penyelenggara musrenbang tersebut, Yuni mengucapkan terimakasih atas kehadiran berbagai unsur yang menjadi bagian penting dalam musrenbang tersebut. 

Najmul saat memberikan sambutan
Senada dengan Yuni, Bupati Lombok Utara, Najmul Akhyar, saat membuka acara tersebut juga mengungkapkan hal serupa, menurutnya unsur-unsur lingkup musrenbang ini merupakan unsur penting yang harus terlibat dalam pembangunan daerah, sebagai indikator pelayanan menyeluruh yang merupakan tuntutan undang-undang untuk memenuhi berbagai hak mereka terhadap pelayanan publik misalnya. 

"Upaya kita sebagai pelayan masyarakat, salah satunya dengan mengakomodir segala aspirasi berbagai unsur ini, yang kadang-kadang dipandang sebelah mata dalam konteks pembangunan. Contohnya saja, kalau ekonomi keluarg sedang krisis yang paling merasakan hal itu bukan kepala keluarga tetapi justru ibu rumah tangga," papar Najmul memberi perumpamaan. 

Najmul menyatakan, ke depan pemerintah daerah harus memenuhi berbagai hak terhadap kaum wanita, anak-anak, pelajar, remaja, mahasiswa, lansia, dan disabilitas, dalam bentuk pelayanan, pemberdayaan, maupun infrastruktur khusus. 

Yuni Kurniati Maesarah, saat menyampaikan laporan
Dengan kedatangan perwakilan Pemda Banyuwangi sebagai tamu, diharapkan unsur-unsur pemda maupun masyarakat Lombok Utara dapat meniru program-program unggulan yang sudah berhasil diterapkan Pemda Banyuwangi yang kemudian dapat selaras dengan kondisi dan potensi daerah sehingga menjadi kemajuan yang baik bagi Lombok Utara. 

Kegiatan musrenbang ini dibuka langsung oleh Bupati Lombok Utara, Najmul Akhyar, dan dihadiri oleh perwakilan Pemda Banyuwangi, OPD lingkup Pemda KLU, para perwakilan NGO pendukung, serta peserta dari berbagai unsur. (sat) 

Posting Komentar

0 Komentar